Tentena, PPID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2019 Cluster II Kecamatan Pamona Puselemba, Utara dan Barat dipusatkan di Gedung Kasih Ibu Keluarahan Tentena Kecamatan Pamona Puselemba, Rabu 13 Februari 2019. Musrenbang Kecamatan dilakukan setiap tahun dengan hasil berupa dokumen perencanaan, serta merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan / stakeholder di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang kelurahan / desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan / desa di kecamatan.

Peserta musrenbang tingkat kecamatan diikuti oleh PImpinan OPD teknis, Kasubag Program Perangkat Daerah, kepala-kepala desa, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh perempuan. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Poso Pdt. James Salarupa, S.Th dan Herlina Lawodi serta Unsur Tripika Kecamatan.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Cluster II Kecamatan Pamona Puselemba, Utara dan Barat – Rabu 13 Februari 2019, doc by Octo

Tujuan kegiatan ini yaitu selain mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat kelurahan / desa yang menjadi skala kewenangan kecamatan dan lintas kecamatan untuk satu tahun mendatang ; juga menyepakati hasil perengkingan usulan kegiatan-kegiatan desa / kelurahan yang telah dilaksanakan pada saat mogombo lipu yang dituangkan dalam berita acara musrenbang kecamatan. Adapun keluaran yang diharapkan dari musrenbang kecamatan ini adalah daftar prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan menurut fungsi OPD yang akan dibahas pada forum OPD dan musrenbang kabupaten Poso.

Baca Juga :  Wabup Samsuri Pimpin MUSRENBANG Cluster Dua

Seperti misalnya pada kecamatan Pamona Barat untuk bidang infrastruktur akan dibangun bronjong bagian hilir jembatan sungai Meko, pembuatan riol di desa Uranosari, peningkatan pembangunan jalan utama masuk desa Taipa ; sedang pada bidang social budaya akan dibangun ruang kelas baru dan ruang guru SMP 2 Pamona Barat. Masih di wilayah Pamona Barat juga mengajukan prioritas dalam bidang ekonomi seperti pengadaan bibit ternak babi bagi kelompok peternak  di desa Meko, pengadaan bibit sambung pucuk cacao di desa Toinasa dan pengadaan bibit cengkeh di desa Salukaia.

Penandatanganan Berita Acara Musrenbang Kecamatan Tahun 2019 Cluster II, doc by Octo

Untuk wilayah Pamona Utara sendiri dengan skala prioritas seperti pada bidang infrastruktur peningkatan jalan lingkungan  di kelurahan Petirodongi, penangkal banjir di desa Saojo, pengaspalan jalan lingkungan Sawidago – Toaro ; sedang untuk bidang social budaya sendiri Pamona Utara memprioritaskan pada Pembangunan puskesmas pembantu di desa Panjoka, pengadaan permainan anak di TK Maria Keluarahan Petirodongi dan pada bidang ekonomi yaitu peningkatan jalan kantong produksi di keluarahan Petirodongi dan pengolahan pupuk organic di desa Kuku. Bidang infrastruktur untuk wilayah Pamona Puselemba mengusulkan pembangunan bronjong koro Tentena, pembuatan jalan desa di desa Peura, pengaspalan jalan lapis penetrasi macadam di desa Mayakeli dan pembangunan tanggul penahan erosi tepi sungai di desa Leboni.

Baca Juga :  Pemasangan Cap Siswa-Siswi SMK GKST 2 Tentena Kelas X Jurusan Keperawatan

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbang tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena bagi Pemda Kabupaten Poso tahun ini merupakan tahun percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan ikon daerah melalui pelaksanaan program prioritas dengan meningkatkan pelayanan dasar masyarakat baik dari bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan serta sekaligus meningkatkan daya saing sector unggulan daerah berupa bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata sekaligus mengoptimalkan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berkeadilan. “Pada tanggal 16 Februari nanti, saya bersama Wabup Samsuri sudah berjalan bersama tepat 3 tahun membawa amanah masyarakat Kabupaten Poso. Untuk itulah kami menetapkan 3 prioritas pembangunan untuk tahun 2020 yaitu meningkatkan pelayanan dasar masyarakat ;  meningkatkan daya saing sector unggulan daerah ; dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.” ucap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Puskesmas Tambarana Ketambahan Fasilitas Mobil Ambulance
Tujuan kegiatan ini yaitu selain mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat kelurahan / desa, doc by Octo

Di akhir sambutannya Bupati Darmin juga mengatakan bahwa saat ini masa tugasnya bersama Wabup Samsuri sudah memasuki tahun keempat, oleh karenanya, Ia mengajak kepada kepada seluruh tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh perempuan, pejabat Pemda kecamatan desa dan kelurahan serta segenap lapisan masyarakat untuk bersama-sama bahu-membahu dalam melaksanakan pembangunan sehingga ini dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso.

Musrenbang Kecamatan Cluster II ditutup dengan penandatanganan berita acara pembacaan peserta / delegasi yang akan mengikuti forum OPD dan Musrenbang Kabuapten Poso serta penandatangan Berita Acara Musrenbang Tahun 2019 oleh camat Pamona Utara, Puselemba dan Barat di saksikan oleh Bupati Poso, Kepala Bappelitbangda Ir. Herningsih Tampa’I, M.Si dan Anggota DPRD Kabupaten Poso. (GP)

KOMENTAR