Poso, PPID – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2019 tentang kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Sejalan dengan itu maka Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan Kabupaten / Kota  Sehat dan Lintas Sektor Terkait Tahun 2019 bertempat di Ruang Bappelitbangda pada Kamis 21 Februari 2019.

Dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan melalui upaya pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga serta di lingkungan masing-masing sehingga kuantitas penduduk dapat dikendalikan dan kualitas keluarga dapat berkembang serta mobilitas penduduk menjadi sumber daya manusia yang mandiri.

Baca Juga :  Puskesmas Sulewana Menjadi Puskesmas Termuda Pertama Terakreditasi Utama di Sulawesi Tengah

Pemda berupaya mengadakan sosialisasi, advokasi serta ajakan-ajakan bagi seluruh komponen masyarakat Kabupaten Poso khususnya Kota Poso sebagai barometer kehidupan sehat bagi wilayah-wilayah lainnya di Kabupaten Poso untuk melaksanakan pengembangan program kabupaten / kota sehat.

Kabupaten / Kota sehat sendiri merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mendorong terciptanya kualitas lingkungan fisik, budaya, dan produktivitas serta perekonomian yang sesuai dengan kebutuhan wilayah perkotaan.

Maksud tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu sebagai pembinaan manajemen yang baik maupun teknis penyelenggaraan Kabupaten / Kota Sehat di tingkat Kabupaten / Kota, Dinas Kesehatan dan lintas sektor terkait serta meningkatkan pembinaan, bimbingan teknis dan manajemen bagi para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kabupaten / kota sehat.

Baca Juga :  Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat, HUT PPNI Ke-45

Kegiatan yang mengikutsertakan Pimpinan OPD serta Camat Poso Kota Bersaudara ini mendatangkan langsung narasumber dari Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yakni Madlang, SKM, M.Si dan Maria M. Killis, SKM, MKM.

Dalam sambutannya Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah diperlukan adanya sasaran program maupun sumber daya manusia melalui rumusan kebijakan program dan kegiatan yang realistis dengan mengantisipasi perkembangan masa depan berdasarkan kondisi masa lalu dan saat ini.

Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat nantinya akan menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah pembangunan daerah, yang tentunya juga dikoordinasikan bersama dengan Kepala Badan Perencanaan Daerah dengan anggota dari instansi terkait yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati.

Baca Juga :  Puskesmas Tambarana Ketambahan Fasilitas Mobil Ambulance

Selain dalam perwujudan salah satu misi pemerintah daerah yakni meningkatkan pemerataan dan pelayanan kesehatan, dan pariwisata berdasarkan potensi wilayah serta meningkatkan prasarana dasar untuk mengatasi berbagai masalah perkotaan dengan berpedoman pada arah tata ruang dan kelestarian lingkungan, Pemerintah daerah juga berpedoman pada UU Nomor : 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor: 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan serta UU Nomor: 25 Tahun 2004 Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. (GP)

KOMENTAR