Poso, PPID – Pekan Panutan Pajak Tahun 2019 digelar di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Senin 25 Februari 2019, menghadirkan sejumlah Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama para Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Pekan Panutan ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Poso Sihabudin Effendi.

Pekan Panutan Pajak dilaksanakan oleh Pemda dan Anggota FKPD, doc by Octo

Pekan Panutan Pajak dimaksudkan agar para wajib pajak sadar akan kewajibannya untuk membayar pajak sebagai bentuk partisipasi dan tanggung jawab dalam pembangunan Negara. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman wajib pajak dan menjadikan Pemerintah Daerah terlebih khusus para Muspida atau FKPD serta Pimpinan OPD dapat menjadi panutan bagi masyarakat dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat menggugah masyarakat untuk menyampaikan SPT tahunan PPh tanpa mengganggu batas akhir pelaporan.

Baca Juga :  Penilaian Tahap Akhir Poso Menuju Penghargaan Pembangunan Daerah

Pekan panutan bertujuan memberi motivasi kepada wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakkannya dengan baik dan benar dimana pekan panutan ini diadakan mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten dengan maksud roda pembangunan negara tetap dijalankan. Sihabudin mengatakan bahwa kontribusi pajak dalam APBN hampir 80% serta realisasi SPT Tahunan tahun lalu dimana KPP Pratama Poso mencapai 100% dari target.


Membayar pajak sebagai bentuk partisipasi dan tanggung jawab dalam pembangunan Daerah, doc by Octo

Sebelum melakukan pengisian SPT Tahunan, dalam arahannya Wabup Samsuri mengingatkan terkait dengan Surat Edaran Kemenpan RB No. 8 Tahun 2015 tentang penegasan ASN wajib E-Filing agar seluruh pejabat dan PNS mematuhi ketentuan peraturan perpajakan dengan mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak, membayar pajak serta mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan PPh. “Dengan mengikutsertakan Pimpinan OPD dalam Pekan Panutan Pajak ini diharapkan para Pimpinan OPD dapat mengawasi jajarannya untuk pelaporan SPT Tahunan secara E-Filing sehingga sebagai Aparatur Negara terlebih dahulu dapat menjadi contoh bagi masyarakat” ungkap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Bupati: "Program Pamsimas Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan "

Ia juga mengatakan bahwa sektor pajak sangat menentukan kemajuan pembangunan daerah ke depan karena membayar pajak adalah satu bentuk keterlibatan dalam pembangunan. “Lewat Pekan Panutan Pajak ini kiranya partisipasi aktif dari seluruh masyarakat untuk bayar pajak baik pribadi, sebagai Pimpinan Daerah, pimpinan kesatuan, instansi, seluruh jajaran pemerintah daerah kabupaten untuk menjadi motivasi dan panutan membayar pajak kepada bawahannya sesuai dengan ketentuan sekaligus pengawasan kepada OPD maupun bendaharawan” ucap Wabup Samsuri menutup sambutannya dan diakhiri dengan penyerahan cendera mata kepada Anggota FKPD. (GP)

KOMENTAR