Poso, PPID – Pemuda merupakan suatu aset pembangunan daerah yang berharga baik pada saat ini maupun pada masa depan, terutama dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional. Mencermati perihal penting dalam pembangunan daerah tentang keterlibatan pemuda dalam perkembangan Kabupaten Poso, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si melakukan audiensi bersama Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso di Ruang Kerja Wabup pada Rabu 27 Februari 2019.

Audiensi Wabup Samsuri bersama Mahasiswa STAI Poso Rabu 27 Februari 2019, doc by Octo

Peran pemuda dalam pembangunan daerah juga menjadi salah satu kunci yang tidak boleh dilewatkan dalam perkembangan zaman yang semakin maju dan modern ini. Saat menemui para mahasiswa ini, Wabup samsuri yang didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Mahmudin Jamal ini mengatakan bahwa peran pemuda di masa lalu termasuk yang menjadi tonggak yang sangat penting dalam sejarah bangsa hendaknya dapat menjadi contoh bagi para pemuda di masa sekarang.

Baca Juga :  Peresmian dan Pentahbisan Gedung Gereja Kibaid Jemaat Poso

“Saat ini peran pemuda dalam pembangunan dapat dilihat dari prinsip atau jiwa economic enterpreneurship yang harus dimiliki atau ditanam di dalam diri masing-masing” terang Wabup Samsuri saat menjelaskan di awal pertemuan. Menurut Wabup Samsuri bahwa dengan adanyaeconomic enterpreneurship dapat meningkatkan nilai tambah bagi lingkungan sekelilingnya untuk menghasilkan suatu profit terlebih khusus sangat bermanfaat bagi kemandirian pemuda itu sendiri.

Wabup Samsuri : Dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan dapat membentuk kepribadian pemuda yang lebih baik bagi pembangunan daerah, doc by Octo

Ia juga menambahkan bahwa hendaknya para pemuda di Kabupaten Poso memiliki prinsip ini bagi peningkatan dan pembangunan perekonomian daerah sehingga secara mandiri ia dapat menciptakan lapangan kerjanya sendiri. Terkait dengan visi misi Pemerintahan Darmin-Samsuri yakni dalam mewujudkan Kabupaten Poso yang Damai, Adil dan Sejahtera yang tentunya didukung dengan sumber daya manusia yang andal dan bermartabat, Wabup Samsuri juga menegaskan bahwa peran pemuda dalam pembangunan juga dapat dilihat dari adanya penghasilan pelayanan sosial bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bupati: "Program Pamsimas Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan "

Sebagai contoh seperti banyaknya organisasi-organisasi yang dibentuk dalam kegiatan kampus, dimana nantinya dapat menciptakan kegiatan berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Kegiatan tersebut dapat berupa bakti sosial, seminar pembangunan, pelatihan, maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa STAI yakni dalam memeriahkan perayaan HUT Kota Poso ke-124 dimana mereka akan melaksanakan camping bersama di Kalamalea pada tanggal 8 s/d 10 Februari 2019 mendatang.

Tidak hanya dengan melakukan peningkatan kapasitas diri, Wabup juga berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan tersebut dapat membentuk kepribadian pemuda yang menjadi hal mendasar bagi pembangunan daerah. “Karena kepribadian pemuda dapat mempengaruhi keputusan serta semangat bagi pembangunan daerah. Dimana kondisi ini juga sebenarnya menyangkut peranan pemuda sebagai agen-agen perubahan, yang berarti memiliki peran dan tugas penting bagi pengadaan perubahan-perubahan positif bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan daerah” ungkap Wabup Samsuri menutup pertemuannya dengan Mahasiswa STAI. (GP)

KOMENTAR