Poso, PPID – Pertemuan Yayasan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Sinode GKST dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso diterima secara langsung oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu di Ruang Kerjanya, Selasa 19 Maret 2019. Pertemuan yang dikawal langsung oleh Ketua Umum Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th ini bertujuan untuk membahas tindak lanjut dari pelaksanaan pembangunan Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena.

Ketua YAPKESMAS Pdt. Rudolf Methusala, M. Th mengajukan ketambahan tenaga dokter dan kendaraan operasional mobil ambulance untuk kelancaran pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena. Terkait dengan pembangunan Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena yang baru, Pdt. Rudolf berkoordinasi memohon petunjuk kepada Pemerintah Daerah sehubungan dengan beberapa syarat dalam pelaksanaan pembangunan Rumah Sakit tersebut seperti IMB, dokumen pengelolaan dan pemantauan lingkungan (AMDAL) dan master plan.

Baca Juga :  Wabup Membuka Secara Resmi Kegiatan Lokakarya Penggerak Perdamaian di Kemah Kampung Damai

Dengan berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional secara menyeluruh sejak 1 Januari 2014 yang kemudian bertransformasi menjadi Kartu Indonesia Sehat, tuntutan penyediaan pelayanan kesehatan nasional secara universal dan berkualitas di tingkat rujukan menjadi semakin tinggi.  Saat ini penyelenggara pelayanan kesehatan rujukan dituntut memberikan pelayanan yang semakin berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Oleh karenanya, dalam rangka memenuhi semua kebutuhan tersebut demi peningkatan kesehatan masyarakat yang dilayani oleh Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena, YAPKESMAS Sinode GKST juga melakukan konsultasi dengan Bupati Darmin terkait pemilihan Kepala Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena. Bertolak dari keberhasilan Bupati Darmin dalam membimbing serta mengarahkan proses pemilihan Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Poso yang dilakukan secara independen sampai pada capaian akreditasi madya bintang 3, YAPKESMAS Sinode GKST juga mengharapkan hal yang sama juga akan berlaku di Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena.

Baca Juga :  Mencipta Peluang Menjadi Karya Untuk Membangun Poso

Bupati Darmin seusai melakukan kunjungan kerjanya di desa Tampemadoro dalam Peringatan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara ke-20 siang itu menyambut baik kedatangan rombongan Sinode GKST. Dalam arahannya Bupati Darmin memberikan dukungan sepenuhnya kepada YAPKESMAS Sinode GKST serta menginstruksikan langsung kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan penyiapan dalam proses izin lingkungan hidup (AMDAL) dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk dokumen persyaratan lainnya.

Dalam rangka menjamin kelancaran pelaksanaan pelayanan kesehatan dan perlindungan hukum dalam penyelenggaraan rumah sakit sehingga YAPKESMAS Sinode GKST bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mengupayakan berbagai cara dalam memenuhi semua persyaratan tersebut antara lain berupa upaya dalam penataan administrasi penyelenggaraan pelayanan publik di Rumah Sakit yang lebih baik, efektif dan efisien.

Baca Juga :  Lokasabha Bersama PHDI Ke X DPK Peradah Kabupaten Poso

Ketum Sinode GKST menyambut baik serta mengapresiasi respon Pemerintah daerah yang dikawal oleh Darmin-Samsuri ini karena dinilai selama menjalin hubungan kerjasama, Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri selalu membuka diri dan memberikan bantuan baik itu dukungan moril maupun bantuan secara langsung. (GP)

KOMENTAR