Tentena, PPID –“Tectrad One Day” Trail Adventure Jelajah Wisata Danau Poso Tuwu Siwagi Season I merupakan salah satu ajang kegiatan promosi daerah bagi daerah-daerah lainnya yang diselenggarakan oleh Tentena Community Trail Adventure, Sabtu 23 Maret 2019.

Kegiatan yang mengikutsertakan kurang lebih 400 peserta dari berbagai komunitas yang ada di berbagai daerah seperti Amtrac Ampana, Sintrac Palu, Montrac Morut, Totic Toili, Mata Luwuk, Snac Solid Tinombo, Solid Parimo, Butrac Buol, Tracman Lutim, Maltrac Malili dan sejumlah komunitas trail motor daerah lainnya seperti Bima Trail Adventure Palu dan Maroso Trail Adventure Poso.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara yang ditemui saat persiapan Trail dilakukan, Lystianto Liandri mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah selain untuk menjalin silatuhrrahmi antar sesama rider juga sebagai ajang untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di seputaran Kota Wisata Tentena terlebih khusus wilayah yang ada di di sekitaran Danau Poso.

Baca Juga :  Menyambut Perayaan Hari Raya Nyepi dengan Pawai Ogoh-Ogoh

Jelajah adventure ini sendiri mengambil titik start dari Taman Kota Tentena melewati wilayah Petirodongi – PT. Poso Energy – Lena – Panjoka sampai menembus di wilayah Hutan Pinus.

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu sebelum melepas peserta trail adventure mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini memberikan nilai tambah dan kontribusi terhadap peningkatan citra daerah yang semakin dikenal aman dan damai di dunia luar.

“Melalui adventure jelajah wisata danau ini juga akan lebih memperkenalkan panorama alam yang merupakan destinasi wisata Kabupaten Poso yang sangat indah untuk dikunjungi” tegas Bupati Darmin.

Di berbagai aktivitas pembangunan, setiap warga negara memiliki hak untuk terlibat aktif dimana hak partisipasi tersebut pun telah dijamin oleh konstitusi sebagimana termaktub dalam Pasal 28 C ayat (3) UUD 1945 yang menyatakan: Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya. Artinya, dalam berbagai aktivitas pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pemanfaatan, sampai pengawasan diperlukan peran aktif masyarakat sebagai kontrol sosial, dan citizen partisipation is citizen power.

Oleh karenanya dalam giat-giatnya pembangunan yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mengejar ketertinggalan agar dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya, Bupati Darmin juga mengatakan bahwa pada dasarnya Pemerintah Daerah selalu mendukung serta mensupport kegiatan-kegiatan positif seperti ini dimana mau bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam memberikan sumbangsih sekecil apapun bagi kemajuan daerah.

Baca Juga :  Hidup Toleransi antar Umat Beragama di Tana Poso

Termasuk salah satunya lewat kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah dalam bidang pariwisata serta ekonomi masyarakat di seputaran tempat kegiatan dalam hal ini dilaksanakan di wilayah Kota Wisata Tentena mampu sedikit terangkat dengan adanya event-event besar yang diselenggarakan oleh anak-anak muda sebagai wujud kecintaan terhadap daerah.

“Kehadiran peserta adventure dari luar Poso termasuk dari luar Sulawesi Tengah dan Kabupaten-Kabupaten tetangga seperti Parigi, Morowali, Touna dan Kabupaten lainnya ini tentu memberikan spirit bagi kami Kabupaten Poso untuk selalu siap menerima kedatangan tamu-tamu daerah di Tana Poso” ungkap Bupati Darmin.

Dalam kegiatan ini juga turut menghadirkan Bupati Touna Mohammad Lahay dan Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara Syarifudin Majid. (GP)

KOMENTAR