Poso, PPID- Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, siang tadi diruang kerjanya kembali menerima kunjungan dari Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Provinsi Sulawesi Tengah, senin (1/4/2019). Tim yang berjumlah 3 orang tersebut, dipimpin Kepala bidang pengelolaan wilayah III Poso, Danny Hendry Pattipeilohy, S.P.

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk melaporkan kepada Bupati Darmin Agustinus Sigilipu, perihal kesiapan mereka untuk mendukung rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang digagas Bupati Darmin soal pembangunan jalan yang menghubungkan desa Doda kec. Lore tengah -dan desa Lelio kec. Lore Barat. Menurut Dany Hendry, Dukungan tersebut akan ditindak lanjuti melalui mekanisme kerja sama penguatan fungsi kawasan konservasi melalui pengembangan ekowisata dan situs cagar budaya megalitikum.

Baca Juga :  Sarana Rekonsiliasi bagi Seluruh Petani

Mekanisme tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman antara Balai besar Lore Lindu dengan Pemerintah daerah kabupaten Poso, mengetahui Dirjend Konservasi Sumber daya alam dan ekosistem, Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI. Nota kesepahaman tersebut dalam waktu dekat akan segera ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni Bupati Poso dan Kepala Balai besar Lore lindu.

Pada kesempatan itu Bupati Darmin menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas langkah cepat yang dilakukan pihak Balai dalam menindak lanjuti nota kesepahaman multi pihak yang telah dibuat pada bulan Agustus 2018 silam. Karena itu Bupati Darmin berharap agar draf mekanisme kesepahaman itu segera diselesaikan untuk ditanda tangani.

Baca Juga :  Berinovasi untuk Tana Poso : "Kerja & Kerja"

Sebab menurut Bupati, dengan ditanda tanganinya draf kesepahaman itu maka sudah dipastikan pembangunan jalan Doda-Lelio akan segera dimulai. Ini adalah kerinduan masyarakat tampo lore yang sudah lama dan saya bersama Wakil Bupati berusaha untuk merealisasikannya. Karena memang ini juga telah menjadi tekad dan program pembangunan yang kami lakukan secara berkeadilan diseluruh wilayah kabupaten Poso, tegas mantan perwira marinir berpangkat kolonel itu.

Tak tunggu lama, Kadis PUPR yang hadir mendampingi , langsung menerima perintah Bupati untuk segera menindak lanjuti rencana tersebut sampai tuntas. Lanjut Bupati, jika jalan Doda-Lelio ini terealisasi maka pasti akan membawa manfaat yang besar khususnya bagi masyarakat lembah bada , yang selain memperpendek jarak dan waktu tempuh kedua wilayah, juga dapat digunakan sebagai akses ekonomi yang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Mempertegas Jati Diri Lewat Tapal Batas. Gubernur Sulawesi Tengah Meresmikan Pintu Gerbang Perbatasan Kabupaten Poso - Sigi

Selain itu kata Bupati Darmin, jalan Doda-Lelio juga dapat digunakan sebagai jalan wisata yang akan memudahkan para wisatawan mengunjungi seluruh obyek wisata yang ada, karena telah terkoneksi satu dengan yang lainnya. Dan hal ini tentu akan berdampak pula pada peningkatan pendapatan daerah dan masyarakat khususnya yang ada di dua wilayah. Usai menerima kunjungan Balai besar Lore lindu, bupati Darmin langsung menuju ruang Pogombo untuk memimpin rapat panitia persiapan perayaan Paskah Nasional yang akan dipusatkan di Tentena Poso bulan mei 2019 mendatang. (AS)

KOMENTAR