Poso, PPID – Dalam persiapan Pemerintah Daerah menjadi tuan rumah pelaksanaan Paskah Nasional yang direncanakan akan digelar dari tanggal 9 – 12 Mei 2019 ini, Panitia Perayaan Paskah nasional 2019 yang diketuai oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso menggelar Rapat Persiapan di Ruang Pgombo Kantor Bupati Poso, Senin 1 April 2019. Setelah pada tanggal 23 Maret 2018 yang lalu dimana Kabupaten Poso dilewati oleh Obor Paskah Paskah Nasional maka sesuai dengan permintaan Ketua Lembaga Paskah Nasional pada waktu itu Pdt. Dr. S. Supit yang menginginkan Paskah Nasional tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Poso.

Hal ini disambut baik oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengingat segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam membangun kembali citra Kabupaten Poso di mata luar, maka dinilai perlu adanya kegiatan-kegiatan berskala nasional sebagai pengembangan kualitas hidup masyarakat dalam hal yang positif serta untuk memajukan perekonomian di Tana Poso lewat pelaksanaan event-event besar seperti ini. Dalam rapat persiapan yang dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th serta beberapa pimpinan Gereja antar denominasi lainnya ini juga mengikutsertakan Kementrian Departemen Agama Kabupaten Poso dalam susunan kepanitiaan Paskah Nasional tahun 2019.

Baca Juga :  Penutupan Safari Ramadhan Kabupaten Poso
doc by Octo

Sebelumnya Paskah Nasional tahun 2018 diselenggarakan dengan Obor Paskah yang dilepas dari Danau Tondano Sulawesi Utara dan melewati sejumlah wilayah-wilayah lainnya seperti Sulawesi Tengah sampai dengan Sulawesi Selatan dan berakhir di Balige Kabupaten Toba Samosir Toba Sumatera Utara. Maka pada tahun ini direncanakan Obor Paskah akan dilepas dari Balige Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara menuju Jakarta dan selanjutnya akan berakhir di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah lebih tepatnya di Kota Wisata Tentena Kabupaten Poso.

Dalam rencananya selebrasi Paskah Nasional tahun 2019 ini akan dilaksanakan di Balai Agung Pemprov DKI pada 1 Mei 2019 dan akan dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, Ph.D yang selanjutnya Obor Paskah tersebut akan diberangkatkan menuju Kota Palu – Poso dan Kota Wisata Tentena. Adapun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan baik di Kota Palu maupun Poso yakni KKR (Kebaktian Kebangkitan Rohani), Bakti Sosial di lokasi pengungsian Kota Palu serta Seminar Kerukunan dan Pembangunan Manusia di Poso dengan pembicara langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang sekaligus juga merupakan Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2019 Prof. Yohana Yembise.  Sedangkan pelaksanaan KKR di Kota Palu akan mendatangkan pembicara Pdt. Gilbert Lumoindong dan untuk pelaksanaan kegiatan di Kota Wisata Tentena rencananya selain diisi dengan kegiatan seminar, ibadah wisata rohani – seputaran danau Poso dan ecumenical visit (Pelayanan ke gereja-gereja) dengan tema yang diangkat yakni “Karya Terbesar” (Bnd Yohanes 3 : 16).

Baca Juga :  Penutupan Safari Natal, GKST Mendukung Pemda, Poso Keluar dari Daftar Daerah Tertinggal
doc by Octo

Kegiatan yang berslogan “Sintuwu Maroso” ini akan didukung oleh 7 aras gereja seperti PGI, Konferensi Wali Gereja, Pantekosta, Ortodhox, Bala Keselamatan, Advent, Persekutuan Baptis, Persekutuan Gereja Tionghoa dan gereja serta lembaga-lembaga injil lainnya. Kegiatan Perayaan paskah Nasional ini juga tidak bersifat ekslusif melainkan inklusif dengan mengundang serta menghadirkan organisasi agama lainnya.

Menurut Bupati Darmin bahwa dalam menghapus stigma negatif tentang Kabupaten Poso dimata luar, dibutuhkan usaha yang besar serta berkesinambungan dan perlu adanya dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat dalam mensukseskan kegiatan akbar ini. Setelah keberhasilan beberapa waktu yang lalu pelaksanaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso yang berhasil mendatangkan ribuan massa untuk serta menciptakan citra Kabupaten Poso yang baik, aman serta tentram di mata luar maka pada tahun ini kembali Pemerintah Daerah bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya terus mengupayakan untuk membangun Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Bupati : Poso Pesisir Bersaudara Menjadi Daerah Percontohan Kerukunan Antar Umat Beragama
doc by Octo

“Saya bersama Wakil Bupati Poso, selalu mengupayakan untuk bagaimana kita dapat meningkatkan citra yang baik akan Tana Poso di mata luar dengan menggelar beberapa event-event yang berskala nasional untuk menunjukkan bahwa sebenarnya Poso telah berkembang dan juga memiliki potensi-potensi kekayaan alam yang patut untuk dibanggakan” uangkap Bupati Darmin. Selain menciptakan suasana yang aman serta kondusif di Kabupaten Poso, Pemerintah juga akan mengagendakan dalam kegiatan tersebut yakni doa bersama lintas agama karena sejatinya di Kabupaten Poso hidup secara berdampingan berbagai suku dan agama yang ada.

Selain itu event ini juga akan diisi dengan pawai budaya bernuansa danau serta pelepasan bibit ikan di danau, penanaman pohon paskah serta lomba perahu hias. (GP)

KOMENTAR