Poso, PPID – Menimbang untuk kepentingan dinas dan kelancaran tugas umum pemerintahan dan pembangunan perlu dilaksanakan pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon IIb di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Setelah melalui tahapan seleksi terbuka sesuai dengan ketentuan pasal 127 ayat 1 – 2 Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, PPK memilih satu dari tiga nama calon pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada Instansi Daerah Kabupaten Poso untuk ditetapkan sebagai  pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dengan memperhatikan pertimbangan pejabat yang berwenang sesuai dengan kualifikasi, kompetensi dan kinerja maka pada Rabu 10 April 2019 bertempat di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso dilaksanakan Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon IIb Lingkup Pemda Poso.


Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon IIb Lingkup Pemda Poso, doc by Octo

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu melantik Alfret Suangga, ST, M.Si sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Drs. Henry Gamalia Padaga sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sukimin, SH, M. Si sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Nelson Rongkaloe, SE sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran serta Markarma Lasimpala, SP, MP dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Poso. Pelantikan yang dihadiri oleh Dandim 1307 Poso, Danyon 714/SM dan sejumlah Pimpinan BUMN/BUMD ini berlangsung dengan khidmat.

Baca Juga :  Kejar Target KTP-Elektronik dan Akta Kelahiran, Bupati Perintahkan Lakukan Terobosan dan Kerja Cepat

Bupati Darmin seusai melantik ke-5 pejabat ini dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam upaya Pemerintah Daerah meningkatkan kualitas sumber daya ASN Kabupaten Poso, khusus untuk pengisian jabatan baru maka dipandang perlu adanya seleksi dengan melibatkan panitia seleksi serta assessor sebagai tim yang akan menilai kompetensi seseorang pejabat yang akan menduduki jabatan tertentu.

Ia juga menambahkan bahwa keterlibatan semua pihak dalam pelaksanaan seleksi terbuka dan penilaian kompetensi tentunya harus sesuai dengan dan sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga ke depan diharapkan para ASN di Kabupaten Poso akan memiliki kemampuan, fungsi sesuai dengan bidang tugas yang dipimpinnya.

“Pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian proses analisis kebutuhan jabatan yang harus dilakukan dengan segera karena ke-5 jabatan ini memang masih kosong sehingga terpilihlah pejabat yang baru setelah melalui prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Bayar Pajak Bentuk Partisipasi dan Tanggung Jawab Dalam Pembangunan Daerah
Penandatanganan Pakta Integritas

Masih dalam sambutannya Bupati Darmin juga mengajak kepada ASN Kabupaten Poso agar selalu mensyukuri hikmat, akal budi serta kebijaksanaan yang telah diberikan oleh Tuhan sehingga dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi Negara dipenuhi dengan keikhlasan hati sehingga semua dinamika yang dihadapi menjadi pelajaran yang sangat berharga yang nantinya akan membawa pada hasil akhir yakni menjadi pejabat pemerintah yang berkualitas.

Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ini merupakan salah satu langkah strategis Pemda yang terus berbenah di seluruh sector baik itu bidang pemerintahan, pembangunan serta pelayanan social kemasyarakatan sehingga pelaksanaan roda pemerintahan akan menjadi lebih baik, optimal, efektif, efisien dan berdaya saing untuk secara bersama-sama dengan seluruh stakeholder dan komponen masyarakat dapat mewujudkan cita-cita serta harapa masyarakat Kabupaten Poso yang Cerdas.

Baca Juga :  Pembangunan Wilayah Bebas Korupsi serta Birokrasi Bersih dan Melayani
Bupati : Jadilah agen perubahan yang visioner dan inovatif, doc by Octo

Sebelum menutup sambutannya Bupati Darmin menyampaikan harapannya kepada para pejabat yang baru dilantik agar dapat menjadi agen perubahan yang visioner dan inovatif serta dapat melaksanakan kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan dengan penuh rasa tanggung jawab. Ia juga mengatakan bahwa jabatan bukanlah hadiah atau pemberian melainkan merupakan hasil seleksi dan buah karya prestasi kerja yang telah ditunjukkan selama ini sehingga yang terpilih merupakan yang terbaik dari yang baik.

“Pemerintah sekarang ini adalah pemerintahan yang selalu untuk berusaha menggali berlian-berlian yang selama ini terpendam, dalam arti bahwa kami memberdayakan anda karena kami melihat prestasi-prestasi kerja yang sudah anda kerjakan selama ini” tegas Bupati Darmin (GP)

KOMENTAR