Matialemba, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu melantik Kepala Desa Kecamatan Poso Pesisir Zainal Abidin Toangi dan Kepala Desa Tiu Kecamatan Pamona Timur Alfrianto Penyami sekaligus meresmikan Bangunan Pembangunan Infrastruktur Desa Matialemba Pamona Timur sejak tahun 2016 sampai dengan 2018 bertempat di Halaman Kantor Desa Matialemba Kecamatan Pamona Timur, Rabu 10 April 2019.

Bupati Poso bersama sejumlah Pimpinan OPD seperti Dinas PUPR, PMD, Sosial, Perumahan, Pertanian dan Kesehatan juga hadir di Matialemba sekaligus untuk menyerahkan bantuan bibit jagung kepada petani serta menyerahkan uang plasma perkebunan kelapa sawit kepada petani plasma matialemba.

Pelantikan PAW Kepala Desa Towu dan Tiu oleh Bupati Poso di Desa Matialemba Rabu 10 April 2019

“Kepala Desa memiliki kedudukan, tugas dan fungsi yang amat strategis selaku perpanjangan tangan kepala daerah (Bupati) khususnya dalam menyerap serta menjawab aspirasi masyarakat yang ada di wilayahnya yang tentunya berada di bawah koordinasi camat” ujar Bupati Darmin setelah melantik kedua Kepala Desa PAW tersebut.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat Definitif Sekretaris Daerah Kabupaten Poso

Ia juga menginstruksikan agar kedua Kepala Desa tersebut segera menyesuaikan serta menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada sehingga masyarakat benar-benar merasakan adanya kehadiran pemerintah sebagai pengayom dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Kepala Desa Towu akan melanjutkan sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya yang digantikan periode 2014 – 2020 yakni sampai dengan 15 desember 2020 sedangkan kepala Desa Tiu akan melanjutkan sisa masa jabatan periode 2016 – 2022 yakni sampai dengan 19 desember 2022.

Terkait dengan pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah tidak lama lagi, Bupati Darmin selaku Pimpinan Daerah juga menginstruksikan kepada Kepala-kepala desa agar dapat menangkal serta mencegah segala kemungkinan potensi terjadinya perpecahan di wilayahnya masing-masing hanya karena perbedaan pendapat/pilihan. “Hindari segala bentuk pelanggaran pemilu, dan jangan khianati komitmen kita untuk membangun tana Poso demi kesejahteraan seluruh masyarakat” pesan Bupati Darmin

Baca Juga :  Pawai Ta'aruf Dalam Rangka MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2018

Setelah melantik Kepala Desa, Bupati Darmin menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Pembangunan Infrastruktur Desa Matialemba tahun 2016 s/d 2018 dengan perincian pembangunan jalan usaha tani, riol, plat deker dan saluran irigasi senilai Rp 596. 422.500,- ; pembangunan jalan desa, riol, plat deker dan talud senilai Rp 468. 902.000,- ; dan pembangunan jalan usaha tani, talud dan kios desa senilai Rp 427. 292.000,- dengan jumlah total bantuan infrastruktur senilai Rp 1.492.616.500,-.

Penyerahan uang plasma perkebunan kelapa sawit kepada petani plasma Matialemba

Bupati Darmin mengatakan bahwa terlaksananya beberapa pembangunan infrastruktur di desa Matialemba sejak tahun 2016 sampai dengan 2018 sebagai wujud keseriusan pemerintah Darmin-Samsuri dalam memberikan sentuhan perubahan signifikan di seluruh wilayah kecamatan Pamona Timur. “Pembangunan infrastruktur di daerah khususnya di pedesaan sangat penting dan strategis di dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa” ujar Bupati Darmin.

Baca Juga :  Apel Perdana di Tahun Baru 2018 dirangkaikan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan bagi OPD Yang Meraih Target PAD 100% Tahun 2017

Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi misinya yakni meningkatkan dan menguatkan ekonomi kerakyatan berbasis usaha menengah, kecil dan mikro serta koperasi dan Bumdes, pertanian dan pariwisata berdasarkan potensi wilayah didukung dengan infrastruktur yang memadai dengan melaksanakan pembangunan berbagai infrastruktur desa. Upaya ini dinilai cukup mampu untuk menunjang peningkatan ekonomi rakyat serta peningkatan koneksivitas daerah di dalam mendukung pembangunan nasional.

“Sarana prasarana seperti pembangunan irigasi, jalan kantong produksi desa serta bangunan infrastruktur desa lainnya di wilayah ini dilaksanakan guna mempercepat terwujudnya cita-cita kita bersama dalam membangun Kabupaten Poso yang damai, adil dan sejahtera” tegas Bupati Darmin. Pemerintah daerah yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri ini juga menyerahkan bantuan bibit jagung untuk petani serta menyerahkan penyaluran uang plasma kelapa sawit kepada petani plasma matialemba dengan harapan agar dapat menstimulus para petani untuk dapat meningkatkan produksi hasil pertanian desa yang lebih berkualitas demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kunjungan Bupati Darmin di desa Matialemba ini ditutup dengan penyerahan bantuan makanan tambahan bagi wanita hamil dan balita dalam salah satu upaya pemda meningkatkan kualitas gizi bagi ibu hamil dan balita serta mengurangi resiko munculnya gizi buruk di kabupaten Poso. (GP)

KOMENTAR