Poso, PPID – Kabupaten Poso merayakan HUT Provinsi Sulawesi Tengah ke-55 tahun yang diselenggarakan dengan pelaksanaan Upacara Bendera dirangkaikan dengan Upacara setiap 17 Bulan berjalan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan Penyerahan sejumlah prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan Kabupaten Poso di Tingkat Provinsi. Upacara yang digelar di Halaman Kantor Bupati Poso Senin pagi 15 April 2019 ini turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD dan peserta upacara yang terdiri dari Calon Paskibraka, Purna Paski, TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemda Poso.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain Prestasi terbaik 4 stand pameran expo, Piala terbaik II kategori penyaji terbaik karnaval budaya & penyaji terbaik non jenjang karnaval budaya, Juara II Pameran Handy Craft, Runner Up II Putri Pariwisata 2019 dalam ajang Pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Palu dalam rangkaian kegiatan HUT Provinsi Sulteng ke-55 dan Juara I penilaian penghargaan pembangunan  daerah tahun 2019 dan masuk dalam 10 nominasi terbaik tingkat nasional. Pemda mengakui bahwa prestasi atau usaha yang diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan bersama seluruh organisasi perangkat daerah di era kepemimpinan Darmin-Samsuri ini tentunya dicapai dengan hubungan sinergis serta kerjasama yang baik antar pihak.

Baca Juga :  Apel Perdana Awal Tahun 2019, Bupati Serahkan Beberapa Kendaraan Operasional
Upacara Peringatan HUT Provinsi Sulteng ke-55 tahun di Kabupaten Poso, doc by Gita

“Kita masyarakat Poso harus menunjukkan pada dunia luar bahwa kita adalah masyarakat yang memiliki karakter sebagai orang yang berprestasi dalam mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif serta kreatif, pantang menyerah dalam menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Menunjukkan aksi nyata serta kerja keras dalam membangun Kabupaten Poso tentulah membutuhkan usaha serta energy yang tidak sedikit, olehnya janganlah kita hanya membuang-buang energy positif kita hanya untuk hal-hal yang bersifat tidak membangun, karena hasilnya akan bersifat tidak abadi atau sementara.” Tegas Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si saat bertindak Pembina Upacara.

Setelah membangun serta memperbaiki beberapa sarana serta fasilitas di Ibu Kota Kabupaten sebagai wajah Kabupaten Poso yang dilewati sebagai jalan Trans Sulawesi bagi pengguna jalan baik yang menuju ke Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara maupun ke Kabupaten Touna, Bangkep, Morowali dan Morowali Utara. Saat ini Pemda juga tengah mengerjakan pembangunan jalan yang menghubungkan desa Doda Kecamatan Lore Tengah dan desa Lelio kecamatan Lore Barat.

Baca Juga :  Pemberian Reward oleh Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Poso
Wabup Samsuri : Tunjukkan bahwa masyarakat Poso memiliki karatkter yang berprestasi, doc by Gita

“Saya bersama Bupati Poso berupaya untuk melakukan pembangunan di segala sector, secara perlahan kami mencoba memenuhi setiap kebutuhan masyarakat yang tentunya atas kerja sama serta koordinasi yang baik dengan OPD yang ada serta hubungan yang baik dengan semua stakeholder dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Poso” ungkap Wabup Samsuri. Lanjut Wabup Samsuri bahwa konsep pembangunan yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Daerah saat ini adalah dengan mengeksplore serta mempromosikan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Poso dengan pembangunan yang tidak hanya dilakukan dari sektor pembangunan ekonomi saja, melainkan juga pembangunan untuk mencapai kepuasan intelektual, emosional, moral, dan spiritual masyarakat Kabupaten Poso.

Itulah yang tertuang dalam visi Pemda Poso yakni terwujudnya Kabupaten Poso yang Damai, Adil dan sejahtera yang didukung sumber daya manusia yang andal dan bermartabat. Selain itu, pada pelaksanaan Upacara ini juga Wabup Samsuri membacakan Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah serangkaian dengan peringatan HUT Provinsi Sulteng ke-55 tahun, dimana dalam sambutan tersebut menyebutkan bahwa keberhasilan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah juga didukung sepenuhnya oleh kepemimpinan Pemerintahan di tingkat Kabupaten dan Kota yang telah banyak memberikan kontribusi positif bagi pembangunan provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Bimtek Pengisian e-Filing Bagi Wajib Lapor Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

Salah satu yang menjadi kontribusi terbesar Kabupaten Poso dalam pencapaian keberhasilan pembangunan provinsi Sulawesi Tengah yakni dimana Kabupaten Poso menyumbang gini rasio tertinggi ke-2 se-Sulawesi Tengah bahkan memiliki nilai yang sama dengan nilai yang dimiliki Porvinsi yakni sebesar 0,36. Bahkan saat ini Kabupaten Poso berhasil masuk dalam finalis 10 besar peraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional mewakili Provinsi Sulawesi Tengah. (GP)

KOMENTAR