Poso, PPID – “Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras yang telah dilakukan rekan-rekan pansus IV DPRD yang telah membahas dan mengevaluasi LKPJ Bupati Poso Tahun anggaran 2018” ucap Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Poso tentang Catatan dan Rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Poso TA 2018, Selasa 30 April 2019 bertempat di Banua Mpogombo DPRD Kabupaten Poso. Ia juga mengapresiasi serta menghormati segala saran dan masukan yang diberikan oleh lembaga legislative ini dalam mengawal serta mengawasi kegiatan roda pemerintahan yang mengarah pada penyempurnaan transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.


Wabup Samsuri juga mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Poso telah melakukan perannya dengan baik terbukti dengan fungsi kontrol yang dilakukan terhadap jalannya pemerintahan dimana DPRD memberikan catatan-catatan dan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah. “Sehingga hal ini menunjukkan adanya hubungan sinergitas yang baik antara Pemerintah dengan DPRD Kabupaten Poso dalam mewujudkan pemerintahan serta pembangunan yang berkeadilan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Poso” ungkap Wabup Samsuri

Baca Juga :  Pelan Tapi Pasti, Bupati : Kerja Kita Adalah Prestasi Daerah
Sambutan Wabup Samsuri dalam Rapat Paripurna Istimewa terkait Penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Poso atas LKPJ Bupati Poso TA 2018


“Rekomendasi yang telah disampaikan oleh Pansus IV DPRD Kabupaten Poso telah memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akan ditindaklanjuti” lanjut Wabup Samsuri. Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah menyadari akan perhatian yang diberikan oleh badan legislative terhadap kinerja Pemerintah Daerah baik itu terkait dengan apaian-capaian keberhasilan dalam pembangunan maupun permasalahan yang ada.


Wabup Samsuri dalam sambutannya juga mengakui bahwa keberhasilan-keberhasilan capaian pembangunan bukan hanya usaha dari pemerintah sendiri melainkan merupakan usaha bersama yang telah dikerjakan, didukung serta dibantu oleh seluruh pihak mulai dari swasta, lembaga-lembaga, TNI/Polri sampai dengan peran aktif masyarakat. Sementara itu Darma Gideon Mondolu, SH selaku Wakil Ketua II yang membacakan catatan serta rekomendasi DPRD Kabupaten Poso terhadap LKPJ Bupati Poso TA 2018 menyampaikan bahwa rasio antara siswa dan guru di Kabupaten Poso sudah memenuhi standar ideal nasional.

Baca Juga :  Kunjungan Balasan Pemda Poso ke Kabupaten Touna
Penyerahan Catatan dan Rekomendasi DPRD Kabupaten Poso oleh Ketua DPRD didampingi Wakil Ketua I dan II, Selasa 30 April 2019


“DPRD Kabupaten Poso memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada pemerintah daerah yang sudah berupaya untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Poso” ucap Darma. Hal ini ditunjukkan lewat keberhasilan pendidikan di Kabupaten Poso yang dinyatakan dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) di tingkat SD/MI, SMP/MTS jika dilihat dari realisasi APK untuk SD/MI 98,17% dan SMP/MTS 91,76% di tahun 2018 dimana angka ini relative menunjukkan kondisi baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Demikian pula dengan presentase angka kelulusan sekolah pada tahun 2018 yang mengalami peningkatan dimana SD/MI berada pada 99,66% dan SMP/MTS sebesar 98,39%. Sedangkan di sektor Pekerjaan Umum, menurut catatan yang dibacakan oleh Waket II menegaskan agar pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan lingkar Lembomawo – Tambaro – Tagolu agar tetap terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat terlaksana juga dengan baik.

Baca Juga :  Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Poso Bahas 3 Agenda, Bupati : “Ciptakan Kualitas Belanja Yang Lebih Produktif dan Efisien"


Selain itu, lanjut Darma mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Poso juga mengapresiasi kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Darmin-Samsuri yang berhasil membawa Kabupaten Poso menempati peringkat ke-3 dari 13 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dalam pembangunan kualitas hidup masyarakat melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami peningkatan di 3 tahun terakhir. Catatan serta Rekomendasi atas LKPJ Bupati Poso TA 2018 ini diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Poso Ellen Ester Pelealu, SE bersama Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Poso kepada Wabup Samsuri disaksikan oleh Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Anggota FKPD, Rektor UNSIMAR dan Sejumlah Pimpinan BUMN/BUMD. (GP)

KOMENTAR