Poso, PPID – Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional se-Sulawesi Tengah dipusatkan di Kabupaten Poso digelar di Lapangan Sintuwu Maroso Poso, Kamis 2 Mei 2019 bertindak sebagai Pembina Upacara Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 wita ini menghadirkan peserta upacara yang tidak saja hanya terdiri dari penggiat-penggiat pendidikan seperti PGRI dan anak-anak sekolah namun juga dari TNI/Polri hingga Aparatur Sipil Negara dan Organisasi-Organisasi masyarakat.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dibacakan Gubernur Longki mengatakan bahwa dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” yang mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara tentang hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan berpengalaman kebudayaan.

Baca Juga :  Bupati Darmin Membuka Forum Perencanaan Program Pariwisata Sulteng dan Meninjau Dampak Gempa di Desa Meko
Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, doc by Octo

Bupati Darmin yang ditemui saat mendampingi Gubernur Longki mengunjungi Stand Pameran Hasil Karya Seni Rupa Terapan (Seni Kriya) yang berada di seputaran Lapangan Maroso sesaat setelah pelaksanaan upacara selesai mengatakan bahwa kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Poso sendiri tidak lepas dari dukungan semua pihak. Terbukti dengan keberhasilan Angka Partisipasi Kasar (APK) di tingkat SD/MI, SMP/MTS untuk SD/MI meningkat sebesar 98,17% dan SMP/MTS 91,76% di tahun 2018 yang menunjukkan kondisi baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan presentase angka kelulusan sekolah pada tahun 2018 yang mengalami peningkatan untuk SD/MI berada pada 99,66% dan SMP/MTS sebesar 98,39%.

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan pendidikan yang berkarakter yang tengah diupayakan di Kabupaten Poso saat ini dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur. “Tentunya semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan serta dukungan penuh masyarakat” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Poso Tentang Agenda Penyampaian Pemandangan Umum Anggota Fraksi Fraksi DPRD
Penghargaan kepada guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Poso di Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, doc by Octo

Dalam perayaan hari Pendidikan ini juga Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyerahkan sejumlah penghargaan kepada guru, Kepala Sekolah serta Pengawas berprestasi dengan jenjang TK, SD, SMP Negeri/Swasta yang selanjutnya akan mewakili Kabupaten Poso ke tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kepala Sekola TK Dharma Wanita Tabalu, Kepala SD N 18 Poso, Guru TK Negeri Pembina Poso Pesisir a.n Mariyam Yuni, S.Pd, Guru SD N 14 Poso a.n Nur’amni A. Hasan, S.Pd, SD dan Siti Mardiah Garusu, S.Pd, M.Pd Guru SMP N 6 Poso untuk guru berprestasi serta Abdul Rahman, S.Pd, MM dan Ani Dako, S.Pd, MM untuk pengawas tingkat SD & SMP berprestasi.

Tak hanya itu, Bupati Darmin juga menyerahkan piala kepada pemenang Lomba Sekolah Sehat dan Bersinar jenjang TK, SD, SMP dan SMA yang juga akan mewakili Kabupaten Poso di tingkat Provinsi Sulteng serta pemenang lomba olimpiade guru jenjang SD dan SMP Negeri/Swasta tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang akan mengikuti lomba tingkat nasional di Jakarta. Ia juga memberikan penghargaan kepada 3 siswa berprestasi a.n Patricia I. Bolilanga, Sarman G. Mowidu dan Ryan G. Yomba yang meraih juara II pada kegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris “National School Debating Championship (NSDC) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2019.

Baca Juga :  Wabup Membuka Sosialisasi E-Katalog dan Pelatihan E -Purchasing
Remaja Berprestasi Duta Genre Kabupaten Poso yang berhasil meraih Juara II Duta Genre Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, doc by Octo

Bupati Darmin juga menyerahkan piala, sertifikat, bonus, piagam penghargaan serta menyematkan selempang kepada Duta Genre Kabupaten Poso a.n Cristanti Indriyani Pontoh PIK Remaja Stikes Husada Mandiri Poso atas prestasi yang diraih mendapatkan juara II pada pemilihan Duta Genre Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019 yang dilaksanakan di Palu pada 27 April 2019 yang lalu.

Upacara yang diawali dengan pembacaan Riwayat Raden Ajeng Kartini dan Lagu “Ibu Kita Kartini” oleh Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Poso sehubungan dengan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2019 yang lalu ini juga dihadiri oleh beberapa Pimpinan OPD Provinsi Sulawesi Tengah, Kadis Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulteng, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua Umum Majelis Sinode GKST, Pimpinan BUMN/BUMD serta tokoh-tokoh masyarakat dan adat. Di akhir acara, Bupati Darmin membuka secara resmi Pelatihan Calon Paskibraka Kabupaten Poso Tahun 2019 dengan menyematkan tanda peserta kepada calon paskibraka Kabupaten Poso tahun 2019. (GP)

KOMENTAR