Poso, PPID – Pemeritah Daerah Kabupaten Poso melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso menyelenggarakan Ujian Dinas Tingkat I dan II serta Ujian Penyesuaian Ijazah Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso pada Sabtu, 4 Mei 2019 bertempat di Gedung Diklat Maliwuko. Ujian dinas dan penyesuaian ijazah ini dilaksanakan atas dasar UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Peraturan Kepala BKN Nomor 33 Tahun 2011 tentang Kenaikan Pangkat bagi PNS yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah.

Tujuan pelaksanaan ujian ini adalah untuk pengembangan karier PNS di lingkungan Pemda Kabupaten Poso khususnya yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi. Karena sesuai dengan peraturan yang ada, menurut Kepala BKPSDM Kabupaten Poso Filson Gundo dalam laporannya mengatakan bahwa PNS yang akan naik golongan harus pula diikuti dengan peningkatan kompetensi serta harus ada pembuktian bahwa PNS yang diujikan tersebut memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap dan perilaku yang meningkat.

Baca Juga :  Bupati Mengukuhkan Satgas Saber Pungli Poso
Ujian Dinas Tingkat I dan II serta Ujian Penyesuaian Ijazah Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso pada Sabtu, 4 Mei 2019 bertempat di Gedung Diklat Maliwuko, doc by Gita

Pendaftaran dan verifikasi berkas peserta ujian ini dimulai pada 11 s/d 26 April 2019 dimana peserta ujian dinas dan penyesuaian ijazah berjumlah 501 orang yang terdiri dari 32 orang peserta ujian dinas tingkat I yang berpangkat pengatur tingkat I,II/d ; 31 orang tingkat II berpangkat penata tingkat I,III/d ; 52 orang peserta ujian penyesuaian ijazah paket C SLTA ; 22 orang ijazah DIII ; 363 orang ijazah S1 ; dan 1 orang peserta ujian penyesuaian ijazah S2. Pelaksanaan ujian ini juga tidak hanya diikuti dari Kabupaten Poso saja melainkan juga berasal dari daerah lain seperti Kabupaten Parigi, Sigi, Morowali Utara, Kota Palu dan Kabupaten Buol.

Kepala Bidang Pengembangan & Supervisi Kepegawaian Kantor Regional IV BKN Makassar Cristina Heni Setyawati, S.IP, M.Ap dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dillaksanakan ujian ini untuk mengukur kompetensi PNS yang akan naik golongan dan juga merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. “Sehingga nantinya ASN akan menjadi suatu profesi yang diharapkan mampu membawa dampak perubahan bagi birokrasi di indonesia, dan bergeser dari pola lama yang dilayani menjadi pelayan masyarakat” ungkap Cristina

Baca Juga :  Apel Perdana Awal Tahun 2019, Bupati Serahkan Beberapa Kendaraan Operasional
Penyerahan soal ujian yang masih dalam keadaan tersegel kepada Pemerintah Daerah dari BKN Makassar, doc by Gita

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu sebelum membuka secara resmi Pelaksanaan Ujian tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa Suatu kehormatan tersendiri bagi Kabupaten Poso yang menjadi lokasi pelaksanaan ujian yang melibatkan PNS dari berbagai kabupaten di Sulawesi Tengah ini. “Pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah daerah Kabupaten Poso dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya serta peningkatan karier dan kesejahteraan ASN di Kabupaten Poso dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat” ungkap Bupati Darmin.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini Kabupaten Poso mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat sebagai daerah yang mampu dan berhasil menerapkan system kepegawaian sesuai peraturan perundang-undangan terbukti dengan masuknya Poso dalam 10 besar finalis penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ke tingkat nasional. Inovasi-inovasi yang dilakukan dalam bidang kepegawaian antara lain dimana pada 20 Februari 2019 yang lalu Bupati Darmin telah melaunching Manajemen Kinerja ASN berbasis E-Kinerja dan telah diterapkan pada beberapa organisasi perangkat daerah sebagai percontohan.

Baca Juga :  Pencanangan ZI dan Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Agama Poso
Tujuan pelaksanaan ujian ini adalah untuk pengembangan karier PNS di lingkungan Pemda Kabupaten Poso, doc by Gita

Hal ini dilakukan Pemerintah Daerah  dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya para ASN di Lingkup Pemda Poso melalui inovasi-inovasi yang lebih efektif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sebagai tandanya dibukanya kegiatan ini, Kabid Pengembangan & Supervisi Kepegawaian Regional IV Makassar menyerahkan soal ujian yang masih dalam keadaan tersegel kepada Pemerintah Daerah yang diterima langsung oleh Bupati Darmin yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala BKPSDM Poso.

Setelah acara pembukaan Bupati Darmin meninjau setiap ruangan ujian seraya memberikan dukungan moril kepada peserta ujian agar tetap tenang selama mengikuti ujian. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Fasilitasi Pengembangan Kepegawaian Kantor Regional IV BKN Makassar Rahmatia Rauf, S.Sos, MM, Auditor Kepegawaian Pertama Kantor Regional Makassar Burhan, S.Sos, Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH, MH, Kepala Dinas Pendidikan Victor Tumonggi dan Kadis Kesehatan dr. Taufan Karwur. (GP)

KOMENTAR