Tentena, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si turun langsung memimpin pelaksanaan Gladi Kotor pada Minggu 5 Mei 2019 dan Gladi Bersih pada Selasa 7 Mei 2019 untuk Perayaan Paskah Nasional yang dipusatkan di Kabupaten Poso bertempat di Anjungan FDP.

Pelaksanaan Paskah Nasional yang tinggal menghitung hari ini membawa Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Majelis Sinode GKST melaksanakan sejumlah persiapan rangkaian dimulai dari gladi sampai dengan meninjau lokasi-lokasi yang akan dikunjungi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Prof. Dr. Yohana Susana Yembise Dip. Apling, MA.

Bupati Darmin saat memberikan arahan kepada Pimpinan OPD terkait dengan persiapan Paskah Nasional, doc by Octo

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dimulai dari Penerimaan Rombongan  yang diterima secara adat Pekasiwia di Rujab Bupati Poso pada Kamis 9 Mei 2019 dan masih di hari yang sama dilaksanakan Seminar Kerukunan dan Pembangunan Manusia dan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).

Baca Juga :  Festival Etnik Air Terjun Saluopa

Selanjutnya pada hari Jumat 10 Mei 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pelepasan bibit ikan, peletakan batu pertama pembangunan tugu Paskah serta penanaman pohon dan pada sore harinya akan dilaksanakan pawai Paskah yang diikuti oleh 26 Klasis se-Sinode GKST dan beberapa perwakilan dari denominasi gereja lainnya.

Bupati Darmin saat meninnjau lokasi pembangunan Tugu Paskah, doc by Gita

Bupati Darmin saat mengevaluasi pelaksanaan gladi kembali menegaskan kepada Panitia dan seluruh petugas yang terlibat dalam Perayaan Paskah Nasional bahwa kita harus dapat memberikan yang tebaik untuk kemuliaan nama Tuhan dan sebagai persembahan terbaik untuk nama baik daerah karena ini merupakan perayaan Paskah Nasional pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Poso.

“Selaku tuan rumah pelaksanaan Paskah Nasional, kiranya kita harus dapat memberikan layanan yang terbaik dengan menampilkan serta mengerahkan seluruh kemampuan dan talenta kita dalam melaksanakan ajang terbesar berskala nasional ini” ungkap Bupati Darmin

Baca Juga :  Upacara Bersama TNI, POLRI Setiap Tanggal 17 Bulan Berjalan

Pelaksanaan Paskah Nasional ini akan melibatkan 7 denominasi gereja dengan mengangkat tema “Sintuwu Maroso” dimana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melepas kirab obor Paskah Nasional 2019 di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Minggu sore, 5 Mei 2019 untuk diberangkatkan ke Poso, Sulawesi Tengah. (GP)

KOMENTAR