Poso, PPID – Sidak Bupati Poso tadi pagi, untuk melihat bagaimana semangat kinerja para Aparatur Sipil Negara di bulan ramadhan. Sebagai mana ucap Bupati Kol. Mar. Purn. Darmin A. Sigilipu saat bertandang ke Dinas Kominfo “Jangan jadikan bulan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan atau bahkan tidak masuk kantor.” (13/05/2019)

Setiap ASN memiliki tugas dan tanggungjawab untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, tidak terkecuali saat tengah menjalankan ibadah puasa. Terlebih bagi ASN yang tidak menjalankan puasa, harus memberikan tenaga extra dan waktu yang lebih untuk menjalankan kewajiban. Pemerintah telah mengatur waktu masuk dan pulang bagi ASN di bulan puasa ini, dengan mempertimbangkan beberapa faktor, sehingga diharapkan semangat bekerja tidak akan kendur. Hal ini yang menjadi dasar pelaksanaan Sidak tadi pagi. Bupati Poso mengatakan “kerja yang dilakukan oleh ASN diapresiasi dengan pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan, tentunya menjadi pendorong semangat untuk terus bekerja sesuai dengan tupoksi dan kerja sama tim yang baik, membantu kerja bagian lain agar pekerjaan cepat diselesaikan. Datang lambat tanpa alasan yang jelas, apa lagi dengan sengaja untuk tidak masuk kerja. Korupsi waktu, akan mengurangi pahala bagi kita semua. “

Baca Juga :  Kerja Nyata - Kerja Transparan menuju Pemerintahan yang CERDAS

Lebih lanjut Bupati Poso melakukan tanya jawab untuk mengetahui hal apa yang menjadi kendala dan dapat secara bersama diputuskan solusi yang harus diambil. Kemudian mengunjungi ruang server dan melihat kerja yang dilakukan para staf dan mendengarkan masukan mengenai apa yang perlu ditambah untuk memaksimalkan kinerja mereka. Kerja sama dengan bagian atau OPD lain harus dilakukan untuk mempercepat informasi sampai kepada masyarakat. Bukan saling menunjukkan egoisme, agar terlihat lebih unggul dari yang lain. “Memanfaatkan teknologi informasi secara baik, gunakanlah medsos secara bijak. Agar terhindar dari hal yang tidak dikehendaki.” Ucap Bupati Darmin A. Sigilinpu, sesaat akan meninggalkan Dinas Kominfo dan melanjutkan sidak ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Baca Juga :  Bupati : "Sebagai ASN Harusnya Malu"

Setiba di Dinas Dukcapil, Bupati Poso langsung masuk pada bagian pemrosesan untuk melihat kinerja para staf dan bagaimana pelayanan yang diberikan. Pada kesempatan itu, Bupati Poso mewawancarai beberapa orang yang tengah menunggu pelayanan baik untuk pengurusan KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Nikah sampai Kartu Keluarga. Pada dasarnya pelayanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil kepada masyarakat sudah terbilang maksimal dan sesuai dengan ketentuan, yaitu gratis dan tidak lama selesai. Dengan ketentuan segala kelengkapan sudah dipenuhi.

Bupati Poso menegaskan kepada Kadis Dukcapil, saat menemui masyarakat yang ingin mengurus perbaikan KK dan KTP yang berasal dari Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan. “Jangan membuat masyarakat susah karena harus bolak balik dalam mengurus keperluannya disini, apalagi bagi masyarakat yang domisilinya jauh. Kita patut mengapresiasi dan mendorong keinginan masyarakat yang mengurus kelengkapan identitasnya untuk tujuan ingin melanjutkan pendidikan maupun ingin mencari pekerjaan. Pahala besar akan kita dapat jika menolong orang lain.”

Baca Juga :  "Bupati Minta Kepala OPD Lebih Serius Kelolah PAD, Capaian Target Dibutuhkan Kerja Keras dan Koordinasi Yang Baik"

Bupati Poso juga menanyakan kepada Kepala Dinas “mengapa di bagian pemeriksaan kelengkapan tidak ada orang”, dan dijelaskan bahwa mereka sementara istrahat karena bertepatan saat itu adalah jam istirahat. Bupati menghimbau agar dibagian tersebut dibuat 2 tim yang saling bergantian, agar jika ada masyarakat yang berasal dari luar Kota Poso yang datang saat jam istrirahat, dapat dilayani oleh bagian lainnya sehingga masyarakat yang datang mengurus keperluannya tidak menunggu lama. Karena waktunya akan terbung percuma. “Jangan buang waktu percuma, hanya untuk mengurusi sesuatu yang tidak bermanfaat.” (BP)

KOMENTAR