Poso, PPID – Tiga (3) tahun lebih masa kepemimpinan Darmin-Samsuri telah diwarnai dengan berbagai pertumbuhan serta perkembangan dimulai dari tersedianya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA ) sampah Kota Poso yang berlokasi di Kelurahan Kayamanya jalan lingkar Moengko. TPA yang konstruksi utamanya dibangun dengan konstruksi zona landfill ini sebagai sarana utama penimbunan sampah dengan sistim controlled landdfiil yang dilapisi dengan lapisan geomembran, geotekstile dan lapisan gravel serta saluran pengelah gas dimana kesemuanya itu bukanlah hal yang mudah dalam mengusahakan serta membangun sebuah inovasi yang sekian tahun telah diimpikan oleh warga masyarakat Kota Poso.

Pemda Kabupaten Poso dibawah kepemimpinan Darmin-Samsuri merespon dengan cepat serta berupaya bekerja keras tanpa menyerah walaupun di tengah berbagai goncangan dan pandangan miring untuk menjadikan Kota Poso/Kabupaten Poso sebagai Kota cerminan yang baik mengingat Kota Poso merupakan daerah Trans Sulawesi (daerah yang dilalui untuk menuju ke beberapa Kabupaten atau Provinsi lainnya, red). Selain itu juga dalam masa kepemimpinannya, hal yang sangat nampak terlihat adanya penataan beberapa aksesoris kota seperti Tugu Cerdas, Lapangan Sintuwu Maroso yang terus ditata baik dari estetikanya maupun kegunaannya, berbagai lampu-lampu dekoratif lainnya seperti Tulisan “I love Bumi Sintuwu Maroso” dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di ex Pasar Lama Poso.

Baca Juga :  Kerja Bersama Ala Darmin-Samsuri menyambut Hari Pahlawan Ke-73

Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki serta di tengah berbagai tuntutan masyarakat yang kian melejit, Pemerintahan Darmin-Samsuri berupaya secara bertahap memenuhi kebutuhan masyarakat yang tentunya hal ini juga membutuhkan waktu dan berbagai koordinasi dengan berbagai pihak di antaranya Lembaga Kehormatan DPRD Kabupaten Poso. Tak hanya sampai di situ saja, Pemerintah Daerah juga berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi para Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemda Poso dengan mengikutsertakan serta mengadakan sejumlah Bimbingan-Bimbingan Teknis baik dari segi keuangan, pengadaan barang dan jasa maupun pelayanan lainnya yang terkait dengan peningkatan kinerja ASN.

Seperti Sosialisasi Kebijakan Penyusunan Database Sektoral Dan Bimbingan Teknis Penginputan Data Pembangunan Di Aplikasi Sipd, Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Bimbingan Teknis Simda Barang Milik Daerah (BMD) dan masih banyak hal lainnya. Dalam peningkatan kualitas kinerja ASN, Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri juga kerap melakukan inspeksi dadakan di sejumlah dinas bahkan sampai ke kantor-kantor desa/kelurahan dan kantor-kantor kecamatan di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Bupati Darmin Inspeksi Dadakan di Sejumlah OPD

Hal ini juga mendapat apresiasi penuh dari Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin oleh Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dimana melalui Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Drs H. Moh. Hidayat Lamakarate, M. Si pada saat Perayaan HUT Kota Poso Ke-124 tahun 2019 beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa Pemprov sangat mengapresiasi kinerja kepemimpinan duet Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri yang menunjukkan keakuran selama memimpin Kabupaten Poso serta banyak memberikan inovasi-inovasi yang baik bagi pembangunan di Kabupaten Poso. Ia juga mengatakan bahwa sejak beberapa tahun terakhir, pelaksanaan peringatan HUT Kabupaten Poso yang jauh berubah dibanding dengan sebelumnya serta pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan yang bertaraf nasional kerap dilakukan dimana hal ini menampakkan secara jelas bahwa ini merupakan upaya konkrit Pemerintah Kabupaten Poso yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri dalam merangkul dan menyatukan berbagai elemen yang ada guna mempromosi serta memoles kembali image Poso dengan harapan dapat mengubah pandangan masyarakat luar yang keliru terhadap situasi di Kota Poso.

Baca Juga :  Bupati : Membangun Kabupaten Poso dari Wilayah Pedesaan

Sebuah upaya serta niat tulus dari Pemerintah Daerah untuk memajukan serta meningkatkan berbagai sektor pembangunan mulai dari infrastruktur, kesehatan sampai dengan kualitas kinerja ASN yang terus digenjot oleh Darmin-Samsuri guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Tentunya bukanlah semudah membalikkan telapak tangan atau bekerja dalam hitungan semalam (hal yang instan) melainkan juga membutuhkan beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan badan legislative karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan juga menyangkut regulasi yang telah diatur dan ditetapkan.

Berpikiran terbuka dalam melihat perkembangan-perkembangan yang telah dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun lebih masa kepemimpinan Darmin-Samsuri serta dukungan dan perhatian lebih yang diberikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Poso juga merupakan kunci sukses bersama dalam meraih pembangunan yang hakiki di Tana Poso. (GP)

KOMENTAR