Poso, PPID – Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si tadi pagi membuka kegiatan Penyusunan Profil Kependudukan dan KB Kabupaten Poso bertempat di hotel Ancyra Poso. Didampingi Kadis Kependudukan dan KB Kabupaten Poso.(31/05/2019)

Mercy A. Tadjoja, S.Th., M.MIS sebagai ketua panitia mengatakan: “tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta terhadap pentingnya data dan informasi kependudukan dan keluarga berencana dalam menetapkan kebijakan pemerintah terhadap pembangunan yang berkelanjutan di Kab. Poso (Program KKBPK), dan terbentuknya tim penyusunan data profil kependudukan dan keluarga berencana Kab. Poso serta membangun kerja sama antar pengelola data pada OPD terkait dilingkup Pemdakab Poso dengan Tim penyusun data profil kependudukan dan KB Kabupateb Poso.” Ditambahkan olehnya “Hasil yang diharapkan, tersedianya tim penyusun data profil kependudukan dan KB Kab. Poso, untuk jangka panjang, tersedianya buku profil kependudukan dan KB Kab. Poso dan dapat menjadi acuan dalam menetapkan kebijakkan pembangunan di Kab. Poso. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pengelola data pada OPD terkait di lingkup Pemda Kab. Poso, koalisi Kependudukan Kab. Poso dan pejabat eselon III dan IV serta staf di lingkup Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Poso.”

Baca Juga :  Suka Cita Besar Bagi Tanah Sintuwu Maroso. Kunjungan Kerja RI 2 Di Kabupaten Poso

Wakil Bupati Poso menyampaikan dalam sambutannya, “apresiasi kepada jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabuoaten Poso yang telah melaksanakan kegiatan penting dan strategis ini dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Poso.”

Lebih lanjut Wabup mengatakan “Sesuai UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Keluarga Berencana yang memperkuat upaya kita bersama untuk pengendalian penduduk dan penyelenggaraan Keluarga Berencana. Melalui kegiatan penyusunan profil ini tentunya kedepan dapat memberikan gambaran konkrit permasalahan dan kendala yang dihadapi didalam penanganan pertumbuhan penduduk dan pelayanan KB secara menyeluruh yang bisa dilakukan Pemda bersama Instansi terkait, karena itu melalui kesempatan ini saya mengharapkan partisipasi dan kerja sama seluruh stakeholder yang tergabung dalam Tim Penyusunan Profil agar saling melengkapi dan terus berkoordinasi dalam tim oenyusnan profil kependudukan. Saya juga berharap dengan lahirnya profil Kependudukan KB Kab. Poso kedepan dapat melahirkan rumah data kependudukan, dimana rumah data kependudukan merupakan rumah yang dapat difungsikan sebagai pusat data dan Intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan Mikro yang dibutuhkan dalam menetapkan kebijakan serta arah pembangunan daerah berdasarkan data ril penduduk. Semoga pelaksanaan kegiatan pembentukan Tim Pentusunan Profil Kependudukan dan KB Kab. Poso dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.”

Baca Juga :  Bupati Darmin: "Kebutuhan 4 Besar Dokter Spesialis Di RSUD Poso Terpenuhi "

Penduduk yang ada di Kabupaten Poso, klasifikasix mulai dari anak-anak sampai lansia. Bagaimana kita mengemas dan memproyeksikan keberadaan penduduk usia subur dimana penyebarannya, sehingga bisa diantisipasi mengenai hal yang berhubungan dengan KB. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, akan menjadikan menurunnya kemampuan ekonomi yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya kelompok-kelompok masyarakat yang lemah, karena mereka akan saling melengkapi 
Dengan kondisi yang sama. Sasaran kita adalah terciptanya keluarga yang bahagia, sehat, sejahtera dan hal ini sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Poso. gunakan kesempatan ini secara terbuka dan transparant untuk menciptakan data yang akurat. Ungkapnya sebelum membuka acara secara resmi.

Materi-materi yang disampaikan adalah : Kebijakan dan Strategi Pembangunan Melalui Program KKBPK dengan Pemateri dr. Djani Mouoa, M. Kes, MM, Rencana Tim Kerja dengan Narasumber DR. Holmes Rolandy Kapuy, SE., MM dan Pembangunan Bereawasan Kependudukan yang disampaikan oleh DR. Holmes Rolandy Kapuy, SE., MM.(BP)

KOMENTAR