Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH memimpin Rapat Evaluasi Bersama Pimpinan OPD, Kepala Bagian Kantor Sekretariat Daerah, Camat dan Lurah Poso Kota Bersaudara di Ruang Rapat Pogombo Kantor Bupati Poso, Jumat 31 Mei 2019. Rapat yang mengagendakan tindak lanjut Pemda terhadap LHP LKPD Kabupaten Poso TA 2018 yang sebelumnya telah mendapat Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sulteng, target untuk meraih Adipura, Disiplin ASN di Lingkup Pemda Poso menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan pelaksanaan event-event besar yang akan dilaksanakan pada bulan-bulan berikutnya.

Terkait dengan LHP LKPD Kabupaten Poso TA 2018, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Poso Sukimin mengatakan bahwa Pemda Poso memiliki 5 tugas yang harus diselesaikan yakni : masalah asset, pengelolaan kas, perjalanan daerah, kurang lebih bayar dan system pengendalian intern. Dari 5 tugas tersebut, Pemda Poso telah menyelesaikan 2 diantaranya yakni pengelolaan kas yang sudah dipenuhi yakni dana BOS dan kurang lebih bayar sehingga lanjut menurut Sukimin bahwa oleh BPK RI Perwakilan Sulteng, Pemda Poso mendapat apresiasi yakni daerah yang mampu menyelesaikan temuan kurang lebih bayar menjadi nol (0).

Baca Juga :  Peningkatan Kualitas ASN di Poso, Bupati Darmin Buka Ujian Dinas
Rapat Evaluasi Pemerintahan Darmin-Samsuri di Ruang Rapat Pogombo Kantor Bupati Poso, doc by Gita Humas

Bupati Darmin pun langsung memerintahkan secara tegas kepada Pimpinan OPD agar 3 item tugas lainnya tersebut dapat diselesaikan dengan batas waktu hingga tanggal 10 Juli 2019, karena menurutnya apa yang menjadi “pekerjaan rumah” tersebut harus segera dituntaskan dengan terus bekerja keras sehingga predikat Opini WTP ini dapat dipertahankan secara terus menerus. “Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik guna memenuhi kewajiban kita terhadap masyarakat, bekerja saja dengan tulus dan ikhlas, karena untuk membangun daerah ini bukanlah hal yang mudah, masih banyak tantangan-tantangan ke depan yang harus kita lalui bersama” ungkap Bupati Darmin

Untuk penargetan adipura sendiri, Bupati Darmin kembali menegaskan bahwa masalah ini merupakan masalah bersama, Ia juga menambahkan bahwa permasalahan ini bukanlah masalah salah satu dinas saja, karena menurutnya bahwa tujuan tidak akan bisa dicapai apabila hanya bekerja secara ego sektoral saja. “Mari kita bangun daerah ini secara bersama-sama, kalau kita mau mendapatkan penghargaan adipura tersebut demi nama baik Kabupaten Poso, maka kita sendirilah yang harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, dimulai dari dinas-dinas, saya perintahkan agar Pimpinan OPD bertanggung jawab untuk masalah kebersihan di lingkungan tempat kerjanya masing-masing” tegas Bupati Darmin.

Baca Juga :  Bupati Ajak Para Pejabat dan ASN Jadi Contoh Dalam Membayar Pajak
Rapat Evaluasi yang dihadiri oleh Pimpinan OPD, Kabag, Camat dan Lurah se-Poso Kota Bersaudara, doc by Gita Humas

Dalam rapat tersebut, Bupati Darmin juga berdiskusi dengan jajarannya mengenai lanjutan pembangunan penyelesaian Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang merupakan bagian dari tugas Provinsi Sulawesi Tengah sehingga Ia meminta agar segera berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi terkait dengan kelanjutan pembangunan penyelesaian RTH. Karena menurutnya pekerjaan penataan Kota Poso menuju adipura harus segera dirampungkan demi target merubah “image” Poso di mata luar yang juga tentunya untuk mempercantik Kota sebagai daerah Trans Sulawesi (daerah yang dilalui, red).

Ia juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Murni Putosi agar memberikan penghargaan kepada 2 orang “pasukan orange” (petugas kebersihan, red) yang dinilai bertanggung jawab dan rajin dalam mengerjakan tugas-tugas kebersihan di Kota Poso, penghargaan tersebut berupa Ibadah Umroh bagi yang beragama muslim dan Wisata Rohani bagi yang beragama Kristen. Hal ini disambut baik oleh seluruh peserta rapat karena niat baik Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri ini dinilai merupakan sebuah inovasi yang lebih memperhatikan para pekerja.

Baca Juga :  Bupati Poso Apresiasi Disiplin ASN, Kepala OPD Dilarang Tinggalkan Tempat Tanpa Izin Dari Bupati/Wabup

Sementara itu dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Bupati Darmin menginstruksikan agar ASN di Lingkup Pemda Poso menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Antara lain seperti ASN sudah harus masuk pada tanggal 10 Juni 2019 dan apabila ada ASN yang hendak melakukan perjalanan luar kota Poso, harus membuat surat izin cuti terlebih dahulu dan harus atas persetujuan pimpinannya. (GP)

KOMENTAR