Poso, PPID – Poso memperingati Hari Lahir Pancasila dengan Penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Sulteng atas LKPD TA 2018 dengan Opini WTP dari Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Poso Sukimin bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso, Sabtu 1 Juni 2019. Penyerahan yang diserahkan dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Inspektur Upacara Bupati Poso ini dihadiri oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD, Camat Poso Kota Bersaudara dan para Tokoh-tokoh masyarakat.

Upacara diikuti oleh seluruh ASN di Lingkup Pemda Poso, doc by Rustam Humas

Dalam upacara ini juga diserahkan Piagam penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas prestasi Kabupaten Poso meraih peringkat I pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Tingkat SD dan Tingkat SMP se-Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018. Menurut Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Victor Tumonggi mengatakan bahwa Standar Nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari Standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan serta masih banyak standar lainnya.

Baca Juga :  Sosialisasi Serta Pelatihan Manajemen dan Analisis Resiko Bencana
Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Sabtu 1 Juni 2019, doc by Rustam Humas

Ia juga menambahkan bahwa SNP ini berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu serta bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Bupati Darmin mengatakan bahwa Pemerintah Darmin-Samsuri dalam mewujudkan visi misinya menjalankan amanah ini berupaya untuk menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Poso secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Sabtu 1 Juni 2019, doc by Rustam Humas

Hal ini telah dibuktikan juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Poso yang mengalami peningkatan 3 terakhir sebesar 68,13 ; 68,83 ; dan 69,78 serta merupakan peringkat ke-3 dari 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah. Bupati Darmin maupun Wabup Samsuri yang kerap turun langsung memantau/memonitor pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Poso terbukti pada saat  meninjau pelaksanaan Ujian di Sekolah Dasar Negeri 7 dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Poso pada Senin 22 April 2019 yang lalu dimana pada saat itu tengah dilaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 yang digelar pada 22 sampai 24 April 2019 yang lalu.

Baca Juga :  Penyampaian Pokok-Pokok Pikiran Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Poso
Penyerahan Bonus bagi Atlit Berprestasi di Kabupaten Poso atas keikutsertaan dalam Porprov, doc by Rustam Humas

“Kami tidak main-main dalam menjalankan roda pemerintahan yang tengah kami emban saat ini, saya bersama Wabup Samsuri akan terus bekerja dan bekerja, Pemerintahan yang tengah kami pimpin saat ini akan terus kami genjot khususnya bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar terus memberikan hal-hal yang baik demi perubahan Poso yang lebih baik” tegas Bupati Darmin. Tak hanya sampai di situ saja, Bupati Darmin juga bersama Wabup Samsuri kembali memberikan bonus kepada atlit Kabupaten Poso atas prestasi yang telah diraih pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke- VIII yang telah dilaksanakan di Kabupaten Parimo pada beberapa waktu yang lalu.

Upacara Bendera juga diikuti oleh TNI/Polri, doc by Rustam Humas

Bonus tersebut antara lain untuk cabor Tinju, Atletik dan Taekwondo masing-masing senilai Rp 10.000.000,- ; dan bonus bagi atlit peraih medali emas beregu untuk cabor basket senilai Rp 60.000.000,- dan Rp 70.000.000,- untuk cabor futsal. “Kebanggan ini adalah untuk masyarakat Kabupaten Poso. Kami menghargai serta memberikan apresiasi kepada anak-anak muda Kabupaten Poso yang terus berkarya memberikan kontribusi positif dalam pembangunan. Gunakanlah masa muda kalian untuk hal-hal yang baik” ujar Bupati Darmin.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Pangdam XIII/ Merdeka Dirangkaikan Dengan Buka Puasa Bersama
Bupati Poso bertindak sebagai Inspektur Upacara bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso, doc by Rustam Humas

Pelaksanaan upacara kali ini tidak hanya dihadiri oleh TNI/Polri dan ASN di lingkup Pemda Poso saja melainkan ada juga beberapa ASN dari daerah lain yang turut melaksanakan Upacara Bendera di Halaman Kantor Bupati Poso. Hal ini disambut baik oleh Bupati Darmin dengan menyapa secara langsung peserta upacara yang berasal dari daerah lain tersebut seperti Ternate, Gorontalo, Maros dan Banggai Laut.

Peserta Upacara dari daerah lain seperti Ternate, Gorontalo, Maros dan Banggai Laut, doc by Rustam Humas

Terkait dengan Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila ini Bupati Darmin mengaku bangga terhadap sejumlah ASN yang masih meluangkan waktu serta ikut dalam pelaksanaan upacara kali ini. Ia mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila ini merupakan bentuk kesetiaan sekaligus bukti kecintaan para aparatur terhadap Pancasila sebagai dasar negara. (GP)

KOMENTAR