Poso, PPID – Bupati Poso Kol. Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, pawai takbiran merupakan salah satu tanda kesyukuran bagi kita semua khususnya umat muslim yang telah berhasil melalui perjuangan melawan hawa nafsu selama sebulan lamanya dalam menjalankan ibadah puasa dibulan yang penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu evoria kemeriahan dan kegembiraan hendaknya dijaga dengan baik, tertib dan aman sehingga tidak menodai niat tulus kita untuk menyambut hari kemenangan, hari yang fitri 1 syawal 1440, hijriah yang sungguh membahagiakan.

Pernyataan ini sisampaikan bupati Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya didepan ribuan umat muslim ketika melepas pawai takbiran menyongsong hari raya Idul Fitri 1 syawal 1440, Hijriah , selasa malam 4/6.2019, bertempat di tribun utama lapangan Maroso Poso. Di hari raya yang fitri ini kiranya kita semua kembali dilahirkan suci bersih bagaikan kertas putih tanpa noda , sehingga kitapun dapat saling bermaaf-maafan dan saling mengunjungi serta bersilaturahmi satu dengan yang lain, harap bupati.

Baca Juga :  Kabupaten Poso Jadi Tuan Rumah Perayaan Paskah Nasional 2019

Pawai takbiran bukan saja sekedar sebagai tradisi keagamaan, tetapi yang terpenting adalah merupakan pernyataan iman atas kemengan melawan berbagai tantangan dan godaan sehingga ibadah puasa dibulan suci yang penuh berkah dapat dilewati dengan sempurna serta dirahmati oleh Allah SWT. Dalam suasana yang penuh kegembiraan itu pula, atas nama Pemerintah Daerah, pribadi dan keluarga, bupati Darmin menyampaikan “Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1440, Hijriah, kepada segenap kaum muslimin dan muslimat kabupaten Poso dimanapun berada. “Minal Aidin Wal’faizin, Mohon maaf lahir dan batin”.

Bupati Darmin juga mengapresiasi para tokoh agama melalui PHBI dan MUI kabupaten Poso yang senantiasa memberikan Tausiah dan pencerahan-pencerahan kepada segenap umat sehingga boleh melewati bulan suci Ramadhan dengan sebaik-baiknya dalam suasana rukun dan damai. Acara pelepasan pawai takbiran yang diikuti ribuan umat muslim itu, dihadiri para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil bupati, Wakil Ketua 1 DPRD, Ketua MUI kab. Poso serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Baca Juga :  Bupati : Jauhi Sikap Menebar Kebencian yang Berujung Pada Penyakit Hati

Kegiatan pawaipun berlangsung aman dan damai. Melihat kondisi itu, bupati Darmin mengaku bangga sebab kegiatan pawai inipun menjadi bukti bagi dunia luar bahwa Poso aman, Poso sangat menghargai perbedaan dan segenap warganya mencintai suatu kehidupan yang rukun dan damai. Bupati bersama anggota FKPDpun dengan penuh keceriahan dan bangga menyaksikan iring-iringan kendaraan yang berlangsung tertib dan aman sampai selesai pelaksanaan pawai takbiran. (AS)

KOMENTAR