Poso, PPID – Kunjungan lebaran dalam rangka sulaturahmi merayakan Idul fitri 1440. H, hari ini kembali dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada sejumlah pejabat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada diwilayah Poso Kota Bersaudara. Rombongan Pemerintah daerah tersebut dipimpin langsung bupati Poso Kol. Mar. (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Sekretaris daerah Yan Edward Guluda , serta sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian.

Kegiatan silaturahmi ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada setiap perayaan hari besar keagamaan yang secara bergantian dipimpin oleh pasangan duet Darmin-Samsuri. Jika pada saat Idul Fitri dipimpin oleh bupati, sedangkan silaturahmi perayaan Natal dipimpin oleh Wabup. Menurut bupati Darmin, kegiatan ini dimaksudkan selain untuk mempererat tali silaturahim antar pemerintah dan masyarakat secara luas, juga sekaligus untuk menumbuhkan kembali adat istiadat daerah Poso yang dalam rasa kebersamaan saling mengunjungi dan berbagi suka cita dihari-hari besar keagamaan selaku sesama anak bangsa yang menghargai perbedaan sebagai kekayaan dan hidup rukun di tana Poso.

Baca Juga :  Wabup Potong Tumpeng Tandai Deklarasi Komunitas HSFCI di Poso

Dalam kunjungan tersebut, selain membicarakan tentang pentingnya saling memberi motivasi dalam menikmati hidup dalam kebergaman yang rukun dan damai, juga tidak ketinggalan membahas tentang kondisi daerah serta berbagai program pemerintah baik yang sudah dilaksanakan maupun yang baru akan dilaksanakan kedepan demi membawa perubahan bagi bumi sintuwu maroso kearah yang lebih baik. Hal ini dilakukan mantan Danyon Marinir iru, sebab menurutnya dalam setiap kegiatan/pekerjaan dibutuhkan prinsip K3I (Komunikasi, Koordinasi, Kerja sama dan saling memberi Informasi).

Dengan cara demikian menurut bupati Darmin tidak ada kran informasi yang tersumbat sehingga semua pihak termasuk para tokoh agama/tokoh masyarakat dan pemuda sekalipun dapat memahami sekaligus memberi ruang untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan dimasa datang. Dan inilah kesempatan/momen yang tepat kita gunakan untuk saling berbagi informasi seperti layaknya saudara dihari yang penuh bahagia, ujar bupati. Pada acara silaturahmi itu pula, bupati Darmin juga mendengarkan berbagai masukan dari para tokoh yang dikunjunginya termasuk mantan Sekretaris daerah kabupaten Poso yang juga pernah menjadi kandidat pada Pilbup Poso periode yang lalu Drs. Amdjad Lawasa. MM yang juga merayakan Idul fitri ditana dimana Ia dibesarkan.

Baca Juga :  Bupati Darmin Ingatkan, Setiap Bantuan Harus Tepat Sasaran dan Tepat Manfaat

Keduanya tampak serius, entah apa yang dibicarakan sebab keduanya duduk sedikit terpisah dari rombongan yang lain. Perjalanan tim Pemda Poso pada acara silaturahmi itu disambut dengan penuh keakraban dan suka cita dari para tokoh dan pejabat yang dikunjungi, dan sedikitnya 24 keluarga yang dapat dikunjungi mulai pagi hingga malam dihari pertama perayaan Idul Fitri 1440. H. Kegiatan silaturahmi seperti ini juga dilakukan sejumlah elemen masyarakat dari berbagai latar belakang yang berbeda tetapi mencair menjadi satu dalam kebersamaan dihari yang Fitri dan penuh berkah 1440.H. Bupati berharap, semoga kebersamaan yang indah ini akan terus mewarnai kehidupan warga masyarakat secara luas guna melanjutkan karya-karya terbaik bagi kesejahteraan bersama. (AS)

KOMENTAR