Poso, PPID – Apel perdana Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemda Poso setelah libur lebaran Idul Fitri 1440 H diterima langsung oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu di Halaman Kantor Bupati Poso, Senin 10 Juni 2019. Didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH, Asisten dan Staf Ahli, dalam kesempatan tersebut Bupati Darmin juga menyerahkan Bantuan Permodalan Usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tahun 2019 bagi 10 desa masing-masing senilai Rp 50.000.000,-.

Sepuluh desa tersebut yakni Desa Betalemba Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Lanto Jaya dan Masamba Poso Pesisir, Maliwuko dan Tagolu Kecamatan Lage, Matialemba dan Olumokunde Pamona Timur, Desa Pasir Putih Pamona Selatan, Uranosari Pamona Barat dan Desa Korobono Kecamatan Pamona Tenggara. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lusiana Sigilipu mengatakan bahwa bantuan ini diperoleh melalui proposal usulan yang diajukan oleh Bupati Darmin ke Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Baca Juga :  Kerja Kita Prestasi Bangsa

Bupati Darmin dalam sambutannya mengharapkan bahwa dengan adanya bantuan ini dapat mengembangkan produksi unit-unit usaha yang dimiliki oleh BUMDesa AD/ART dan pada tahun 2021 juga BUMDesa diharapkan sudah dapat menjadi Bumdes Mandiri. Ia juga bahkan menambahkan bahwa pembangunan Kabupaten Poso sendiri pada dasarnya bertujuan untuk membangun kemandirian dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat, termasuk pembangunan pedesaan.

Sehingga dalam salah satu misi Pemerintahan Darmin-Samsuri adalah membangun ekonomi daerah pedesaan yang dapat dicapai melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan keanekaragaman usaha pedesaan. Dari gagasan / inovasi itulah yang membawa Pemerintahan Darmin-Samsuri melakukan koordinasi hingga pada Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang akhirnya membuahkan hasil pada bantuan yang diterima oleh 10 desa pada saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Darmin juga menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh aparatur desa di wilayah Kabupaten Poso yang diterima secara simbolis oleh 5 desa yakni Desa Patiwunga, Betania, Owini, Pancasila dan Desa Amporiwo dan 1640 orang tenaga honorer di 32 OPD yang diterima secara simbolis oleh Kepala BKPSDM Filson Gundo.  Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Poso Dody Risdianto mengatakan bahwa pemberian BPJSTK ini merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dimana penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Baca Juga :  Seminar Laporan Pendahuluan Penyusunan Materi Tekhnis Revisi Perda No. 8 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Poso Tahun 2012-2023

Menurutnya lagi, penyerahan BPJSTK ini sesuai dengan perintah Menteri Dalam Negeri yang mengharuskan semua tenaga honorer yang bekerja di Lingkungan Pemerintah harus terdaftar dalam Program Jaminan Kecelakaan/ Keselamatan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Terkait dengan pelaksanaan Apel Perdana dengan kehadiran 98% Aparatur Sipil ini, Bupati Darmin mengapresiasi niat serta usaha dari Aparatur di Lingkup Pemda Poso yang mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Menpan RB RI sehubungan dengan libur lebaran. Ia mengatakan bahwa kewajiban yang sudah dipenuhi oleh ASN Poso merupakan komitmen bersama yang dibangun untuk menegakkan disiplin aparatur sebagai pelayan masyarakat.

Sesuai dengan Surat Edaran / Petunjuk dari Menteri PAN RB RI, Bupati Darmin kembali menegaskan terkait dengan sanksi yang akan diberikan kepada aparatur yang masih saja malas atau kurang mematuhi aturan. Dalam ketetapan tersebut mengatakan bahwa bagi Aparatur yang tidak masuk kerja tepat waktu, nama-namanya akan dicatat dan dikirimkan / dilaporkan pada kementrian.

Baca Juga :  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tidak hanya perubahan secara fisik (pembangunan, red) yang dilakukan oleh Pemerintahan Darmin-Samsuri, namun saat ini juga menurut Bupati Darmin bahwa Pemerintah berupaya keras untuk menata serta memperbaiki pola kerja ASN demi kualitas peningkatan pelayanan aparatur sebagai abdi negara. Di akhir apel perdana, Bupati Darmin bersama jajarannya melakukan silaturahmi dengan seluruh pegawai dengan jabatan tangan.

“Saya bersama Wabup Samsuri menyampaikan selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019 M kepada seluruh karyawan dan karyawati Lingkup Pemda Poso. Kami memohon maaf apabila ada kata-kata atau perbuatan kami yang tidak berkenan, namun yakin dan percaya setelah apa yang kita lakukan bersama selama bulan suci Ramadhan ini akan membawa pada kebersamaan yang hakiki untuk membawa Poso ke arah yang lebih baik lagi” ungkap Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR