Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menerima 16 dokter yang baru saja lulus di Ruang Kerja Bupati Poso seusai pelaksanaan Apel Perdana setelah Libur Lebaran Idul Fitri 1440 H, Senin 10 Juni 2019.

Didampingi Kadis Kesehatan dr. Taufan Karwur dan Dirut RSUD dr. Massalinri Hasmar, M. Epid, M. Kes, Sp. S, keenam belas dokter yang mengikuti program internship ini rencananya akan digilir magang selama 1 tahun yakni 8 bulan di RSUD Poso dan 4 bulan di Puskesmas yakni Kayamanya dan Lawanga.

Dirut RSUD Hasmar mengatakan bahwa program pemandirian dokter ini bertujuan untuk menyelaraskan hasil pendidikannya dengan kondisi di lapangan yang memang diwajibkan oleh World Federation of Medical Education, lembaga pendidikan dokter yang berada di bawah World Health Organization (WHO).

Baca Juga :  Dari dan Menuju Kabupaten Poso Dengan Alat Transportasi Laut

 Ia juga menambahkan bahwa program internship yang dimulai sejak tahun 2003 ini diinisiasi dan dikembangkan oleh Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan Kolegium Dokter Indonesia.

Program internship yang dikelola oleh Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) yang terdiri dari Kementerian Kesehatan, PB IDI, Kolegium Dokter Indonesia, ARSADA, dan AIPKI ini, menurutnya lagi oleh Komite ini, rumah sakit dan puskesmas yang dijadikan wahana internship tersebut telah di-survey kelayakannya terlebih dahulu sehingga pendampingnya pun juga sudah dilatih oleh KIDI dan mendapatkan akreditasi dari Kemenkes.

“Dari tahun ke tahun Kabupaten Poso telah menjadi tempat rebutan oleh para dokter muda karena sejak tahun 2013, pemilihan tempat direncanakan melalui sistem online, dimana peserta program dokter internship juga dimungkinkan untuk memilih sendiri daerah yang diminatinya” ungkap Hasmar.

Baca Juga :  Bupati Darmin Minta ASN Tidak Tersandung Narkoba

Bupati Darmin mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso menerima kedatangan Lulusan Fakultas Kedokteran dari UNSRAT dan UNTAD ini dengan harapan bahwa adanya tenaga dokter baru di Kabupaten Poso dapat membawa pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi.

“Menyapa pasien dengan senyuman ramah dan aplikasikan dengan baik ilmu yang telah anda pelajari demi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang kalian layani” ungkap Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR