Tentena, PPID – Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi Sosialisasi Pertemuan Raya Perempuan Gereja Pra Sidang Raya (PRPrG) dan Diseminasi Advokasi Holistik Pekerja Migran di Wilayah Timur pagi tadi di Gedung Gereja Kristen Sulawesi Tengah Moria Tentena Kecamatan Pamona Puselemba pada Selasa, 11 Juni 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini mengikutsertakan peserta seperti Wasekum PGI Pdt. Crisye Gosal, Biro Perempuan PGI, Gereja Halmahera, GKSS Makassar, Gereja Toraja Mamasa, GKST Palu, GMIM (Manado), GMIMB (Kotamobagu), Gereja Toraja, GEPSULTRA (Kendari), GPIG (Gorontalo), GPIBT (Toli-Toli), KGPM (Manado), GPIL Luwu, GKI Sulsel, GPIBK (Banggai Kepulauan), KGMPI, GMPU (Manado), GPID (Donggala), PGIW Sulselbara dan SAG Sulutteng Gorontalo.

Baca Juga :  Insya Allah Meraih Haji Mabrur Sepanjang Hayat
Wabup Samsuri buka Pertenuan Raya Perempuan Pra Sidang Raya, doc by Octo Humas

Sekretaris Umum Majelis Sinode GKST Pdt. Y. Tolewo, S.Th, MH mewakili Ketua Umum mengatakan bahwa pada kesempatan inilah diberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk menyatakan atau mengaktualisasikan pelayanan serta keberadaannya sebagai warga gereja.

Sementara itu Wasekum PGI Pdt. Crisye Gosal menjelaskan bahwa Pertemuan Raya Perempuan Gereja – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PRPrG – PGI ) merupakan bagian dari Sidang Raya PGI sebagaimana yang telah diamanatkan  dalam Anggaran Dasar PGI  Bab VI Pasal 12 butir 4 yang menyatakan:  ”Sidang Raya diawali  oleh Pertemuan Raya Pemuda Gereja (PRPG) dan Pertemuan Raya Wanita Gereja (PRWG) yang merupakan forum pengambilan keputusan untuk diusulkan dan ditetapkan oleh Sidang Raya”.

Wasekum PGI Pdt. Crisye Gosal, doc by Octo Humas

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memetakan masalah-masalah, kebutuhan aktual perempuan dan solusi, merumuskan arah perjuangan para perempuan gereja beberapa tahun ke depan, membangun dan atau memperkuat jejaring, merumuskan rekomendasi-rekomendasi  strategis bagi Sidang Raya PGI yang kemudian suara perempuan, masalah, dan perspektif tersebut akan menjadi bagian dari persidangan lima tahunan gereja-gereja di Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Darmin : Perlu Dibangun Semangat Persatuan dalam Jiwa Generasi Muda
Sosialisasi Pertemuan Raya Perempuan Gereja Pra Sidang Raya (PRPrG) dan Diseminasi Advokasi Holistik Pekerja Migran di Wilayah Timur, doc by Octo Humas

Wabup Samsuri dalam sambutannya menyambut kedatangan seluruh peserta seraya memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Poso seperti Air Terjun Saluopa, Siuri dan Padamarari. Lanjutnya lagi di tengah giat-giatnya pembangunan yang dilaksanakan, Pemda hadir untuk memberikan dukungan serta perhatian lebih khususnya bagi kegiatan-kegiatan yang dapat memaksimalkan terwujudnya visi misi pemerintah dalam mensejahterakan serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (GP)

KOMENTAR