Poso, PPID – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Sejarah) DAK Non Fisik 2019 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH bertempat di Hotel Ancyra Poso Kamis 13 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti oleh karyawan atau pelaku usaha industry, pemandu wisata professional dan pemula serta pemandu wisata akademisi penggiat wisata yang semuanya berjumlah 40 orang.

Kepala Bidang Pengembangan Industri Dinas Pariwisata Kabupaten Poso Elfrin Pelensa, SE, M.Si melaporkan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia bidang kepariwisataan guna meningkatkan daya saing destinasi pariwisata, kesejahteraan masyarakat local serta meningkatkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja di bidang pariwisata. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari 13 – 15 Juni 2019 ini mendatangkan materi seperti Dosen Pariwisata Politeknik Makassar Dra. Margaretha WR, M.Si, Budayawan Rein Puragombo, Tokoh Adat Kartini Penyami, dan dari Dinas Pariwisata.

Baca Juga :  Pesona Kabupaten Poso Dimata Dunia

Pelatihan ini direncanakan akan diisi dengan materi tentang Kebijakan Pengembangan Kepariwisataan di kabupaten Poso, Promosi dan pemasaran kekayaan budaya dan sejarah, pengetahuan daya Tarik wisata budaya dan sejarah serta akan melakukan praktek lapangan di desa Kelei, keluarahan sangele dan desa Siuri. Menurut Yan bahwa keberhasilan pembangunan dibidang pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta masyarakat khususnya dalam pengembangan kemitraan pariwisata yang salah satu mitranya yaitu pemandu wisata.

Ia juga mengatakan bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian daerah. Dan dalam mempromosikan obyek wisata di Kabupaten Poso, pemandu wisata sebagai mitra kerja Pemda dinilai juga turut membantu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga Pemda menilai penting akan adanya dorongan pelatihan bagi pemandu wisata yang ada di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  One Day Trail Adventure Explore Wisata Danau Poso

Menurutnya lagi bahwa kebijakan pemerintah daerah dalam pembangunan pariwisata sangat penting peranannya dalam menunjang keberhasilan pembangunan pariwisata daerah dimana perkembangan dan pertumbuhan pariwisata perlu diantisipasi agar perkembanganya tetap pada jalurnya beserta daya dukunganya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pembangunan dalam wilayah objek wisata akan memberikan sumbangan yang sangat besar apabila dikelola secara profesional, karena memiliki mitra kerja yang berkompeten pula sehingga pariwisata dapat memacu pertumbuhan perekonomian daerah pada umumnya dan wilayah tersebut pada khususnya. (GP)

KOMENTAR