Poso, PPID – Dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan sebagai persiapan keikutsertaan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam penyelenggaraan program ADIPURA tahun 2019, Pemda Poso melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Selasa 18 Juni 2019 bertempat di Meeting Room Bappelitbangda Poso.

Didampingi Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH, MH dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Murni Putosi, Wabup Samsuri juga mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai bersama Pimpinan OPD, Camat dan Lurah Poso Kota Bersaudara, Kepala Sekolah, Kepala Pasar, Kepala Terminal, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita.

Kadis DLH Murni Putosi menyampaikan Laporan, doc by Octo Humas

Kadis DLH melaporkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan program kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus merupakan evaluasi dan asistensi mengenai perhitungan neraca timbulan sampah rumah tangga dan sejenisnya.

Baca Juga :  Peresmian Kantor Baru Wilayah Kerja Bandara Kasiguncu dan Kantor Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Wakai dirangkaikan dengan Sosialisasi Penanggulangan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat

Sementara itu Mery Hadriyani Chairuddin, SE, narasumber dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku mengatakan bahwa tujuan program Adipura ini sendiri sebenarnya adalah untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan wilayah yang berkelanjutan secara ekologis, sosial, dan ekonomi.

Peserta dihadiri oleh seluruh Pimpinan OPD, Camat dan Lurah Poso Kota Bersaudara, Kepala Sekolah, Kepala Pasar, Kepala Terminal, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita, doc by Octo Humas

Lanjutnya lagi bahwa adipura tidak saja hanya dimaknai sebatas membersihkan lingkungan dari sampah saja melainkan penilaian utamanya adalah bagaimana keterpaduan semua pihak dapat terselenggara dengan efektif dalam melaksanakan kinerja pengelolaan sampah yang meliputi pembatasan sampah, pemanfaatan kembali dan daur ulang sampah, pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah.

Wabup Samsuri dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sejak tahun 2016 telah menetapkan target untuk meraih anugerah Adipura dalam pengelolaan lingkungan di Kota Poso. “Melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pemda telah berupaya untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah secara terintegrasi mulai dari proses pengurangan sampah dari sumber sampah hingga ke proses penanganan sampah yang berakhir di TPA” ucap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Darmin-Samsuri Berupaya Memenuhi Kebutuhan Masyarakat tanpa Mengabaikan Peraturan yang Berlaku
Wabup Samsuri membuka secara resmi Sosialisasi Program Adipura untuk peningkatan kinerja Aparatur mendukung Program menuju Adipura, doc by Octo Humas

Ia juga mengatakan bahwa kinerja pengelolaan sampah ini merupakan usaha yang dikerjakan secara bersama-sama oleh seluruh pihak baik dari instansi terkait namun juga hendaknya ada kesadaran dari masyarakat sendiri untuk dapat menciptakan kondisi lingkungannya yang bersih dan asri. “Karena penghargaan ini adalah cita-cita kita bersama untuk mendapatkan Kota Poso yang lebih baik, indah dan juga bersih, maka marilah pula secara bersama-sama kita menjaga lingkungan kita masing-masing” ajak Wabup Samsuri.

Adapun beberapa hal strategis yang telah dilakukan oleh DLH antara lain seperti penyesuaian norma standar prosedur dan criteria pengelolaan sampah sebagaimana diatur dalam beberapa regulasi pusat serta standar nasional Indonesia untuk urusan pengelolaan sampah. Selain itu DLH juga telah mensosialisasikan serta mengedukasi pengelolaan sampah kepada pihak-pihak penghasil sampah dan mengoperasionalkan TPA dengan system control landfill.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan RI Ke-74, Uelincu dan Panjoka Merdeka Listrik Masuk Desa
Langkah serius Pemda dalam mewujudkan impian dan cita-cita masyarakat Kota Poso meraih Adipura, doc by Octo Humas

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan seluruh pihak mendapatkan gambaran umum mengenai tugas dan tanggung jawab terutama unsur perangkat daerah dalam penyelenggaraan program adipura. Menutup sambutannya, Wabup Samsuri mengatakan bahwa Pemerintah Daerah telah berupaya untuk memenuhi harapan masyarakat Kota Poso berkenaan dengan pelaksanaan urusan lingkungan hidup dengan berbagai cara, “Olehnya kami juga membutuhkan dukungan seluruh pihak untuk secara serius dan memiliki kesadaran dalam mendukung program ini yang tentunya demi kebanggan kita bersama masyarakat Kota Poso” ucap Wabup Samsuri.

Diakhir acara, Wabup Samsuri bersama seluruh peserta yang hadir mendeklarasikan komitmen penggunaan botol minuman tumbler bagi semua OPD/ASN dalam rangka pengurangan penggunaan sampah plastik. Dimana penggunaan tumbler dinilai dapat mengurangi penggunaan air mineral berkemasan plastik sehingga akan membatasi jumlah sampah plastik yang dihasilkan. (GP)

KOMENTAR