Poso, PPID – Kali ini, apel bersama dilingkup Pemda Kab. Poso dirangkaikan Dengan Pelepasan Kontingan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Ke- 8 Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah tahun 2019 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Banggai dan pelepasan kontingen Lanjut Usia (Lansia) untuk mengikuti kegiatan di Kabupaten Sigi.(24/06/2019)

Dalam kesempatan ini juga, dilakukan penyerahan Piala dan Bonus bagi Juara II yang diraih oleh Desa Pasir Putih Kec. Pamona Selatan & Juara III Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Poso Kota Utara. Bonus sejumlah Rp. 2.500.000,- bagi peraih Juara Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Sulteng. Dan juara harapan 3 bagi pemenang lomba bercerita tingkat Propinsi Sulteng kategori Sekolah Dasar/MI, yaitu atas nama Nabila Ataf Adila dari SDN 7 Poso Kota. Dalam penyerahan ini didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Poso.

Baca Juga :  Bupati: Harga Kedamaian Poso Sangat Mahal

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yaitu mendengarkan keterangan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah bersama DPRD Kabupaten Poso yang telah terlaksana dengan baik. Semua harus mengerti dengan kewajban masing-masing. Mengambil dan melaksanakan tugas bagiannya terhadap pertanggungjawaban akan keuangan. Sistem manajemen keuangan, perencanaan dan belanja harus terdokumentasi dengan baik. Kedepan kita akan melakukan perijinan terpadu, beberapa Kadis diberiian tugas berangkat ke Sidoarjo untuk mengikuti implementasi perijinan terpadu. 103 jenis perijinan yang mesti diberikan kepada masyarakat dan semuanya harus terintegrasi. Pelelangan secara elektronik juga sudah harus dilakukan. Kinerja kita, sudah mencapai grit-grit sesuai dengan ketentuan dan akan terus ditingkatkan. Kedepan akan ada juga dana Kelurahan seperti dana Desa, sehingga harus dipersiapkan sedemikian rupa sejak dini agar nyambung nantinya dengan apa yang harus dilakukan. Saling mengingatkan untuk kelancaran dan mentaati segala ketentuan yang harus dipersiapkan, sehingga Adi Pura dapat kita raih. Dinas Lingkungan telah menyediakan fasilitas pengangkutan sampah pada malam hari, sehingga bagi kita semua untuk menyiapkan gar petugas yang lewat langsung bisa mengangkutnya. Memilah sampah sesuai kondisi, karena sampahpun memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik. Banyak kemajuan yang telah kita capai dalam pengelolaan aset, tentu hal itu juga memerlukan tindak lanjut yang harus semakin diperbaiki.

Baca Juga :  Menjalin Silaturrahmi antara Pemerintah Provinsi dan Pemda Kabupaten Poso

Kegiatan POPDA, Kabupaten Poso mengikuti sebanyak 4, Cabor yaitu:
Karate (diikuti sebanyak 12 atlit dan 2 orang pelatih) , Atletik (diikuti sebanyak 12 atlit dan 2 orang pelatih) , Renang (diikuti sebanyak 10 atlit dan 2 orang pelatih) dan Volly Pasir sebanyak 4 orang atlit dan 2 orang pelatih ditambah oficial dari Dinas Pemuda dan Olah Raga sebanyak 14 orang dengan total sebanyak 60 orang. Sementara Lomba Lansia Nasional Tingkat Propinsi, mengikuti kegiatan: 
1. Lomba senam lintas generasi sebanyak 20 orang, 
2. Lomba pesan berantai lansia 8 orang, 
3. Lomba Lansia teladan Putra dan pitri sebanyak masing-masing 2 orang, 
4. Lomba generasi muda teladan peduli lansia putra dn putri juga masing-masing diikuti oleh 2 orang peserta.

Baca Juga :  Sertijab Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemda Poso

Semoga para peserta akan selalu diberikan kesehatan dan semangat untuk mengikuti lomba dan dapat memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Poso. (BP)

KOMENTAR