Poso, PPID – Bertempat di Hotel Ancyra Poso dilaksanakan kegiatan FGD yang melibatkan OPD Lingkup Pemda Kab. Poso, (04/07/2019). Peran Data Dalam Pembangunan meliputi, keterpaduan perencanaan (sebagai dasar penyusunan kebijakan pembangunan nasional), pelaksanaan (sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunn agar sejalan dengan indukator – indikator yang telah ditetapkan), pengendalian pembangunan (sebagai acuan dalam menentukan batasan dalam pembangunan), dan evaluasi. Kebijakan tata kelola Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, mudah diakses, dan dapat dibagi pakaikan.

Data yang dihasilkan harus: memenuhi standar data, memiliki meta data, memenuhi kendala Interoperabilitas Data serta menggunakan kode referensi dan data induk. Namun seringkali terjadi permasalahan, diantaranya: data yang tidak sinkron antara Daerah dalam Angka dan Statistik Indonesia, Template tabel KOR yang disediakan dimodifikasi sehingga terdapat perbedaan tabel (penambahan/pengurangan) pada setiap daerah, perbedaan SDM sehingga pengumpulan/pengelolaan data tidak maksimal, pemeriksaan tabel saat ini dilakukan secara manual, tidak adanya repository/penyimpanan data sehingga data memiliki resiko hilang/rusak. Solusi yang ditawarkan, berupa: Implementasi SIMDASi (Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terintegrasi) di tahun 2019. Membuat standarisasi tabel konsep definisi, dan variabel (dalam kolom), melakukan pengumpulan data dari sumbernya secara machine to machine (menggunakan API) dalam skala nasional, membuat fasilitas approval data sehingga dapat diperiksa sebelum go public, membuat fasilitas sinkronisasi data secara otomatis sehingga dapat dilihat secara real time dimana letak masalahnya serta memberikan fitur tabel dinamis sehingga dapat dilakukan perbendingan antara variabel A dan B yang ada di sistem.

Baca Juga :  "Bupati Serahkan Dokumen LKPD Poso Kepada BPK Perwakilan Sulteng "

Kegiatan ini, dihadiri oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Anggota DPRD Kab. Poso, Kepala BPS Kab. Poso dan beberapa Kepala OPD Lingkup Kabupaten Poso serta para peserta Focus Grup Discussion dari perwakilan beberapa OPD.

Sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH., MH menyampaikan “dalam rangka penyusunan Publikasi “Kabupaten Poso dalam Angka 2019″ maka dilaksanakan kegiatan ini yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Poso terkait pemgumpulan data capaian pembangunan daerah di Kab. Poso. Seperti yang kita ketahui bahwa BPS yang mempunyai tugas menyediakan data dan informasi statistik yang berkualitas dan terpercaya.”

Baca Juga :  Pisah Sambut Dandim 1307 Poso

Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa ” pada kesempatan ini juga akan dipaparkan Perpres No. 39 tahun 2019 mengenai satu data yang baru saja diundangkan pada tanggal 17 Juni 2019 dan Sosialisasi Sistem Data Strategis Terintegrasi atau (SIMDASI). Melalui kegiatan ini saya berharap kita akan menghasilkan Publikasi Poso dalam angka yang lebih baik serta dapat menyajikan Data Statistik Sektoral yang berkualitas sesuai kebutuhan para pengguna. Saya mengharapkan kepada seluruh peserta diskusi untuk aktif dalam kegiatan ini, memberikan masukan dn saran serta berbagai hal yang berkaitan dengan kelengkapan data yang diperlukan. Agar data yang disajikan benar-benar faktual dan terupdate, sehingga gambaran umum informasi tentang Kab. Poso dapat diketahui.”

Menutup sambutan Bupati Poso, Sekda Kab. Poso mengatakan “Buku Poso Dalam Angka adalah dokumen penting dalam perencanaan daerah karena memuat berbagai macam informasi terkait kondisi dan capaian pembangunan daerah terkini. Data-data yang ada dalam Publikasi Poso dalam Angka merupakan data sekunder yang bersumber dari Data Dinas atau Instansi, sehingga sangat membutuhkan peran serta seluruh OPD untuk memberikan data yang benar dan berkualitas yang akan dikompilasi oleh BPS. Data tersebut harus memenuhi kriteria: Relevan, Akurat, disajikan tepat waktu, Koheren, dapat diakses dan dapat di intepretasikan.

Baca Juga :  BPK Perwakilan Provinsi Sulteng Menyerahkan Hasil Pemeriksaan LKPD TA 2018

Melalui kegiatan ini saya berharap kita akan menghasilkan Publikasi Poso dalam angka yang lebih baik serta dapat menyajikan Data Statistik Sektoral yang berkualitas sesuai kebutuhan para pengguna. Saya mengharapkan kepada seluruh peserta diskusi untuk aktif dalam kegiatan ini, memberikan masukan dan saran serta berbagai hal yang berkaitan dengan kelengkapan data yang diperlukan. Agar data yang disajikan benar-benar faktual dan terupdate, sehingga gambaran umum informasi tentang Kab. Poso dapat diketahui baik oleh masyarajat Poso maupun masyarakat di luar Kab. Poso bahkan diseluruh dunia.”

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Poso membuka acara, dan mengakhiri rangkaian acara dilksanakan diskusi guna mencari solusi dan kesamaan dalam hal permohonan serta pemberian data secara akurat oleh seluruh OPD. (BP)

KOMENTAR