Towu, PPID – Seusai melakukan kunjungan kerja di desa Tambarana Poso Pesisir Utara dan desa Padalembara Poso Pesisir Selatan, di hari yang sama, Rabu 17 Juli 2019, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi Kompetisi Sepak Bola Liga Desa Nusantara Seri Kabupaten Poso di Lapangan Desa Towu Kecamatan Poso Pesisir. Kehadiran Bupati Darmin yang didampingi Asisten Pemerintahan & Kesra bersama Kabag Humas & Protokoler Setdakab Poso ini merupakan salah satu bentuk dukungan serta perhatian Pemerintah Daerah dalam menggali serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi anak daerah.

Kegiatan turnamen liga desa nusantara merupakan salah satu program tahunan dari Kementrian Desa RI yang memberikan peluang besar bagi setiap pemain sepak bola usia muda di Kabupaten Poso agar dapat mengembangkan bakat menjadi pemain yang professional. Kegiatan ini merupakan kompetisi berjenjang yang nantinya akan mewakili Kabupaten Poso pada seri tingkat provinsi dan selanjutnya apabila berhasil akan mewakili di tingkat Nasional.

Baca Juga :  Membangun Daerah Bersama Bank Syariah Mandiri

Rusli Mohammad selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa tahun ini merupakan tahun ke-2 pelaksanaan kompetisi liga desa nusantara seri Kabupaten Poso dimana pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan di desa Lena Kecamatan Pamona Utara, Desa Kelei berhasil mewakili Kabupaten Poso berlaga di tingkat provinsi dan selanjutnya mewakili Sulawesi Tengah bertanding di tingkat nasional. Kompetisi ini diikuti oleh 12 desa se-Kabupaten Poso dimulai dari 17 s/d 31 Juli 2019.

Bupati Darmin sebelum melakukan penendangan bola pertama sebagai pertanda dimulainya kegiatan kompetisi sepak bola liga desa ini dalam arahannya mengatakan bahwa Pemerintah mempunyai fungsi melakukan pemberdayaan, pengaturan,   pelayanan, dan pembangunan. Maka sesuai dengan fungsi yang ada, maka Pemerintah daerah berupaya memberikan pelayanan salah satunya dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan kegiatan olahraga.

Baca Juga :  Bupati Poso Sambangi Langsung Wilayah Gempa 4,6 SR
Penyerahan Bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Poso diserahkan langsung oleh Bupati Darmin

“Karena lewat kegiatan olahraga juga berguna untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, jasmani dan rohani serta mampu memberikan keamanan dan perdamain lewat kegiatan yang bermanfaat” ungkap Bupati Darmin. Bupati Darmin yang saat itu juga menyumbangkan bantuan senilai Rp 5.000.000,- berpesan kepada para peserta agar selalu menjunjung sportivitas dalam permainan karena mental seperti itu dapat melatih para generasi muda nantinya dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan bermental ksatria serta dapat menerima kekalahan secara gentle.

“Tanpa kita sadari bersama bahwa sejatinya dalam sebuah pertandingan atau kompetisi mengajarkan kita banyak hal seperti mental sportivitas dan ksatria menerima kekalahan tanpa membuat kegaduhan yang berakibat pada perpecahan” ucap Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR