Poso, PPID – Apel bersama setiap hari senin di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabubaten Poso berlangsung tadi pagi dihalaman Kantor Bupati Poso. Diikuti oleh seluruh OPD dan dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH., MH, para Asisten dan Staf Ahli Bupati. Bupati Poso, Kol. Mar. (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menjadi penerima apel. Apel bersama ini juga dirangkaikan dengan Lounching Kartu Identitas Anak (KIA) “CERDAS”. Lounching ini juga merupakan kerja sama lintas OPD antara Dinas Dukcapil dan OPD lain serta Swasta, diantaranya Dinas Sosial Kab. Poso, Dinas P&K, Dinas Kesehatan Kab. Poso, Kementrian Agama Kab. Poso, Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena dan pengusaha Konveksi di Kabupaten Poso. (22/07/2019)

Mengawali penyampaian arahan, Bupati Poso mengatakan “Kita mesti tanamkan cinta kepada budaya kita sendiri semenjak dini. Karen melalui anak-anak ini, tulang punggung bangsa dan negara diletakkan”.

Arahan Bupati Poso dalam apel bersama setiap hari senin di lingkup Pemda Kab. Poso menyampaikan
“Pada kesempatan ini, kita melaunching satu lagi Program Pemerintah yang sangat penting untuk masa depan anak-anak kita sebagai generasi pelanjut masa depan bangsa dan daerah ini. Melalui penerbitan Kartu Identitas Anak KIA, diharapkan dapat meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. Kartu Identitas Anak merupakan Program Pemerintah dibidang tertib administrasi kependudukan, dimana KIA ini memiliki fungsi penting, diantaranya: 
1. Sebagai tanda pengenal/bukti diri yang sah, 
2. Untuk syarat pendaftaran sekolah disuatu Kota/Kabupaten, 
3. Untuk melakukan transaksi keuangan didunia perbankam dan PT Pos Indonesia, 
4. Untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit, 
5. Untuk pembuatan dokumen keimigrasian, 
6. Untuk mengurus klaim santunan kematian bagi pemegang KIA yang masih berlaku, 
7. Untuk mencegah terjadinya perdagangan anak, dan
8. Untuk berbagai keperluan lain yang membutuhkan bukti diri atau identitas.

Baca Juga :  Persiapan Poso Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Paskah Nasional

Melalui kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh orang tua anak untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Segera mengurus KIA secara gratis di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Poso, demi masa depan anak-anak kita. Launching yang kita laksanakan saat ini, sebagai tindak lanjut dari Permendagri RI No. 02 tahun 2016 tentang KIA. Aturan ini menekankan perlunya pemberian identitas kependudukan kepada anak untuk memberikan perlindungan serta mewujudkan hak-hak terbaik bagi anak. Perlinsungan anak ini penting karena anak adalah awal mata rantai dari siklus kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara yang akan menentukan masa depan bangsa. Pendataan untuk menerbitkan KIA sebagai bukti diri khususnya yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah untuk memenuhi hak konstitusional mereka sebagai warga negara.”

Baca Juga :  Seminar dan Lokakarya Nasional 2018

Bupati Poso menambahkan “sebentar lagi kita akan menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati HUT RI, tentunya kita perlu mempersiapkan segala hal untuk menyambut dan bagi seluruh ASN untuk turut aktif dalam mensukseskan kegiatan ini. Menjaga kebersihan lingkungan, memasang bendera merah putih serta umbul-umbul. Demikian juga haknya dengan Adipura, akan mampu kita raih apabila seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten poso ini bekerja sama untuk mensukseskannya. Daerah-daerah lain di Sulawesi Tengah, pernah meraih Adipura. Sehingga saya sangat optimis bahwa Kabupaten Poso juga akan mampu untuk meraihnya. Pada akhir bulan Agustus, juga akan diselenggarakan acara berstandar nasional, FDP semoga kita semua bisa mempersiapkan dan menyelenggarakan acara tersebut dengan baik dan hasilnya akan sukses. Semua usaha untuk kebaikan, pasti akan didengar dan direstui oleh yang Maha Kuasa. Teruslah bekerja dan berkarya, pasti usahamu tidak akan sia-sia”.

Baca Juga :  Presiden Ikut Jalan Sehat Sahabat Rakyat Indonesia Di Makasar, Bupati: “Diperlukan Kebersamaan Untuk Membangun Bangsa"

Persyaratan untuk mendaftarkan dan dapat KIA “CERDAS” untuk anak 0-5 tahun, yaitu: foto copy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya, KK asli orang tua/wali, dan KTP-el kedua orang tua/wali. Sedangkan untuk anak usia diatas 5 tahun harus menyiapkan: foto copy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya, KK asli orang tua/wali, KTP-el kedua orang tua/wali dan pas foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar. (BP)

KOMENTAR