Poso,PPID – Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Poso Musim Haji 1440 H / 2019 M berlangsung tadi pagi bertempat di lapangan Maroso, suasana semarak karena dipadati oleh para keluarga Jamaah yang turut mengantar. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh FKPD Kab. Poso, Ketua MUI Kab. Poso, mewakili Kepala Pengadilan Negeri Kab. Poso, Ketua FKUB Kab. Poso, Komdal Alkhairaat, NU, Muhammadiyyah, KUA se- Kabupaten Poso, para Kepala OPD, Para tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta para Jamaah Calon Haji.(26/07/2019)

Mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso, Kasubag TU Hj. Nur Naima mengatakan bahwa Kepala Kantor Kemenag Poso Drs. H. Makmur Muh. Arief M. Pd. I, pada saat ini juga menjadi peserta calon jamaah haji asal Kab. Tojo Una-una yang nantinya akan bergabung dengan jemaah dari Kab. Poso saat tiba dipalu. Selanjutnya dikatakan, “Tahun ini per tanggal 31 Juni 2019 ada penambahan kuota haji secara nasional sebesar 10.000 orang dan penambahan kuota untuk Sulteng sebesar 250 Jamaah dengan rincian 125 waiting reguler dan 125 Jamaah lansia, sehingga jumlah seluruh Jamaah Sulteng di tahun 2019 sebesar 2.230 orang.

Baca Juga :  Pembukaan Pasar Ramadhan 1440 H Tahun 2019 Masehi

Adapun prediksi pemberangkatan ditahun 2020 berjumlah 90 orang Jamaah dan belum termasuk kuota untuk lansia, dan penggabungan mahrom (orang tua – anak, suami-isteri). Terkait dengan kegiatan manasik haji dengan menggunakan dana PKOH telah dilaksanakan di tingkat Kabupaten sebanyak 2 kali, Kecamatan sebanyak 8 kali. Sedangkan manasik haji yang merupakan inisiatif para jamaah (mandiri) sebanyak 6 kali di Kec. Poso Kota, 4 kali dan Kec. Poso Pesisir dan 4 kali di Kec. Pamona Selatan.

Saat ini telah ada tempat untuk pelaksanaan manasik haji yang cukup reseprentativ yang diabangun oleh Pemda yaitu RTH. Lokasinya sangat luas, terdapat gazebo-gazebo yang bisa dijadikan miniatur hotel mekkah, madinah, tenda-tenda arafah dan sebagainya. Tinggal miniatur Ka’bah permanen yang belum ada. Pemda Kabupaten Poso selama ini telah berupaya untuk terus memperbaiki pelayanan perbaikan penyelenggaraan ibadah haji Kab. Poso. Khususnya biaya domestic Palu-Balikpapan dan antar jemput jamaah haji Palu-Poso”.

Wakil Bupati Poso menyampaikan “kerja sama yang baik antara Pemda Poso melalui Bagian Kesramas bersama jajaran Kantor Kementrian Agama Kab. Poso yang dengan seria melayani pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji Poso setiap tahun terus terjalin. Semoga hal ini bisa menjadi ladang pahala bagi kita semua yang dengan tulus dan ikhlas telah bekerja dalam melayani segala kebutuhan para jamaah haji. Ibadah haji merupakan Rukun Islm yang ke lima bagi kaum Muslimin yang sudah mampu, baik fisiknya maupun biaya ONH (Ongkos Naik Haji). Olehnya ibadah haji dikerjaian semata-mata untuk mendapatkan ridho dan ampunam dari Allah SWT. Janganlah sekali-kali kita berhaji hanya sekedar untuk mencari popularitas, mencari gelar agar dipanggil Pak Haji atau Ibu Haji, atau hanya untuk mencari keuntungan yang besar. Karena niat ibadah haji, karena panggilan Allah SWT”.

Baca Juga :  Kebersamaan Dalam Bingkai Sintuwu Maroso

Selanjutnya ditambahkan oleh Wakil Bupati Poso “para jamaah calon haji hendaknya berlaku sabar dan ikhlas terhadap berbagai prosesi ibadah yang nantinya akan dijalani. Baik yang dilaksanakan pada tingkat Kabupaten, Provinsi maupun saat meninggalkan tanah air. Mulai dari pendaftaran, menunggu keberangkatan, manasik haji dan tahapan-tahapan lain sampai pada saat pemberangkatan dan Insya Allah dengan saat pulangnya nanti. Niat tulus saudara didalam menjalankan perintahNya melalui ibadah haji ini, sudah tercatat dan Insya Allah Tuhan Yang Maha Esa, akan memberikan ganjaran pahala yang besar sesuai dengan pengorbanan yang saudara lakukan. Ibadah haji yang membutuhkan biaya besar, tentunya juga dibarengi dengan kesiapan mental serta fisik para calon jamaah haji, karena iklim yang sangat jauh berbeda dengan di Poso. Perlu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, beristirahat yang cukup, makan makanan bergizi serta ditambah dengan meminum suplemen untuk kesehatan atau vitamin.

Baca Juga :  Karya Terbesar Menyulut Obor Paskah Menyala di Bumi Sintuwu Maroso

Jalankanlah ibadah haji dengan kesungguhan hati serta selalu berdia agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Selalu mawas diri dan berfikiran jernih. Bagi Pemda Kabupaten Poso, meningkatnya calon jamaah haji yang mengikuti ibadah haji tahun ini tentu menjadi kesyukuran yang menandakan bahwa masyarakat Kab. Poso masyarakatnya sudah terbilang cukup sejahtera baik lahir maupun batin. Manfaatkanlah waktu berharga ini dengan baik, jaga kekompakan dan kembalilah dengan jumlah yang sama, sebagaimana saat saudara semuanya pergi”.(BP)

KOMENTAR