Tentena, PPID – Kecamatan Pamona Puselemba menyelenggarakan Pesta Rakyat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu 27 Juli 2019, bertempat di Lapangan Puselemba Pamona Puselemba. Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Poso Ellen Ester Pelealu, SE, Muspika Pamona Puselemba, Majelis Klasis Pamona Utara, Pimpinan PT. Poso Energy, dan tokoh-tokoh masyarakat dan agama se-Kecamatan Pamona Puselemba.

Kegiatan yang nantinya akan diisi dengan berbagai lomba kesenian dan olahraga ini diikuti oleh seluruh Kelurahan / Desa se-Kecamatan Pamona Puselemba yang tentunya diawali dengan lomba Defile dari setiap kontingen pada acara pembukaan. Perayaan kegiatan ini dimulai sejak acara pembukaan dan akan berakhir pada tanggal 18 Agustus 2019 dengan acara pokok yakni Pelaksanaan Upacara Bendera pada 17 Agustus 2019 dan dipusatkan di Lapangan Puselemba.

Baca Juga :  Peresmian Kawasan Hunian Khusus Dusun Karawasa
Wabup Samsuri saat tengah memberikan Sambutan sebelum Membuka Secara Resmi Pesta Rakyat, doc by Octo

Sebuah perayaan yang dilakukan dengan berbagai kegiatan lomba-lomba tentunya memiliki pesan yang patut direnungi bersama dan bukan saja hanya sekedar perayaan kemeriahan HUT Proklamasi saja, melainkan lewat kegiatan-kegiatan lomba yang akan dilewati bersama, masyarakat kembali diingatkan bahwa sesungguhnya untuk memperoleh sebuah kemenangan atau keberhasilan bukanlah sesuatu hal yang didapatkan secara mudah. Hal ini diungkapkan oleh Wabup Samsuri saat membuka secara resmi kegiatan pesta rakyat tersebut di hadapan masyarakat Pamona Puselemba yang terdiri dari anak sekolah tingkat SD hingga pada perguruan tinggi ini.

Ia juga menegaskan bahwa sebagai warga Negara dan warga masyarakat wajib bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung setiap program-program yang dijalankan demi kepentingan daerah Sintuwu Maroso. “Melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, masyarakat saat ini tidak lagi diperhadapkan dengan para penjajah namun lebih kepada mengisi kemerdekaan itu dengan hal-hal yang berguna bagi bangsa dan Negara pada umumnya dan daerah Kabupaten Poso pada khususnya” ungkap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Aksi Perempuan Menjaga Perdamaian di Poso
Semarak Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 di Kecamatan Pamona Puselemba lewat Lomba Defile, doc by Gita

Selaras dengan Sambutan yang disampaikan Wabup Samsuri, Camat Pamona Puselemba, Gloria Tobondo mengatakan bahwa melalui tema yang diangkat “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2019 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia Yang Makin Maju Dan Sejahtera”, masyarakat Pamona Puselemba sendiri siap untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi misi Pemerintahan Daerah saat ini demi kemajuan bersama. Ia juga mengatakan bahwa dalam kemerdekaan mewujudkan cita-cita bangsa dan daerah Tana Poso pada khususnya tentu bukanlah tugas yang mudah di tengah era globalisasi saat ini.

Karena menurutnya lagi bahwa keberhasilan pembangunan daerah tidak dapat dilalui dengan mudah bahkan tidak bisa dicapai apabila semua masyarakat tidak bersatu dan hanya saling menjatuhkan saja. Olehnya, Camat Pamona Puselemba mengajak seluruh warganya agar lewat perayaan kegiatan ini dapat menumbuhkan masyarakat yang kreatif dan produktif tanpa adanya sifat provokatif.

Baca Juga :  Gema Muharram Pandajaya, Bupati Darmin Terima Lukisan Siluet
Pembukaan Pesta Rakyat Pamona Puselemba lewat Pemukulan Kentung oleh Wabup Samsuri

Sementara itu Besaliel JS Tuwuntjaki, S.Pd selaku Panitia Pelaksana melaporkan bahwa adapun jenis-jenis kegiatan lomba yang akan dipertandingkan antara lain seperti lomba pengucapan Pembukaan UUD 1945, ragam hias, golden memori, desain poster dan masih banyak kegiatan lomba lainnya dengan tujuan agar masyarakat Pamona Puselemba lebih meningkatkan kesadaran akan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman. Momen ini juga menjadi salah satu momen yang membuat hubungan tali persaudaraan antar warga menjadi lebih kuat serta momen untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat.

Tugas kita bersama dalam mengisi kemerdekaan adalah merawat ikatan kebhinekaan dengan makna keceriaan dalam setiap perayaan kemerdekaan RI yang dilaksanakan. Setiap generasi memiliki perjuangannya sendiri dalam memaknai kemerdekaan ini, dimana tongkat estafet perjuangan terus berlanjut sampai ke generasi-generasi selanjutnya. Begitu juga dengan semangatnya. Semangat dalam memaknai kemerdekaan melalui berbagai perlombaan yang kerap dipertandingkan pada perayaan hari kemerdekaan kiranya dapat memacu masyarakat agar terus menumbuhkan sikap sportivitas dalam kehidupan. (GP)

KOMENTAR