Pamtim, PPID – Bupati Poso diwakili oleh Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH., MH menghadiri acara Pembukaan Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun 2019, yang dilaksanakan di Lapangan Po’Ome Kecamatan Pamona Timur. Didampingi oleh Tripika Kecamatan Pamona Timur, perwakilan dari Kantor Kementrian Agama Kab. Poso, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para undangan.(1/8/2019)

Setelah parade devile, yang dimulai dari pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Pamona Timur, Puskesmas Pamtim, PGRI Pamtim, desa-desa yang ada di Kecamatan Pamtim, para hamba Tuhan se Kecamatan Pamtim, dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Babinsa Desa Petiro dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Sekretaris Daerah Kab. Poso.

Melalui laporannya, ketua panitia Yunirson Penyami, S.Pd., MM menyampaikan “memperingati HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus, kegiatan pesta rakyat semacam ini telah rutin dilaksanakan, sehingga telah membudaya bagi masyarakat Indonesia maupun masyatakat yang ada di Wilayah Pamona Timur. Sangat disadari, sejarah telah menunjukkan bahwa momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI berdampak positif terhadap tumbuhnya rasa persatuan dan persaudaraan, peningkatan Kesehatan masyarakat, memberi hiburan bagi masyarakat, juga sebagai sarana bagi berkembangnya potensi-potensi yang ada di Desa baik dari segi olah raga maupun kesenian, namun disamping itu peluang untuk terjadinya gesekan dan perselisihan karena ketidakpuasan terhadap juri atau wasit bahkan pemain lain atas hasil pertandingan menjadi terbuka.

Baca Juga :  Dari dan Menuju Kabupaten Poso Dengan Alat Transportasi Laut

Dengan penuh kesadaran, kami sebagai Panitia sangat berharap untuk kita semua agar menjunjung tinggi nilai sportivitas diatas segalanya. Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan SDM yang berkualitas, sehat dan unggul dalam pelaksanaan pembangunan serta memiliki kepribadian yang mencintai persaudaraan keamanan dan kedamaian. Waktu pelaksanaan sejak hari ini, tanggal 1 Agustus sampai 17 Agustus tahun 2019.

Kegiatan ini meliputi olah raga yang dilombakan atau dipertandingkan (sepak bola tingkat dewasa, volly ball pa/pi dewasa, sepak takraw dewasa, lari jarak jauh 10 KM Pa dan 5 KM Pi, lomba senam, dan gerak jalan tingkat SD). Kegiatan seni budaya meliputi (Dero Asli tingkat SD, SMP dan Dewasa, torompio dewasa, VG tingkat dewasa dan SMP, karambangan tingkat dewasa, dero umum tingkat dewasa, lomba solo kategori anak dan dewasa, PS tingkat SD dan peragaan busana tingkat PAUD). Kegiatan PKK meliputi, lomba Cipta Menu, ketrampilan merangkai bunga serta lomba tradisional diantaranya : tarik kolombua, anyam tikar, antam bambu dan mapuju mamongo (bungkus pinang). Biaya pelaksanaan kegiatan ini sampai pada perayaan upacara 17 Agustus, ditaksir mencapai Rp. 120.000.000 yang diupayakan melalui penggalangan usaha dana maupun sumbangan.”

Baca Juga :  Penutupan Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso I Tahun 2018

Sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Poso “Mengiring suasana bahagia dan penuh suka cita saat ini, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaannya sehinhga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik. Semarak perayaan HUT Kemerdekaan RI yang kita peringati setiap tahun, dilaksanakan diseluruh persada Nusantara, baik secara meriah maupun yang digelar dengan sangat sederhana. Hal ini merupakan suatu bentuk tanda kesyukuran kita kepada Tuhan yang telah merestui Perjuangan para Pahlawan Bangsa dengan merebut Kemerdekaan dari belenggu Penjajah. Kemerdekaan yang telah kita rasakan hingga saat ini, memberi alam kebebasan untuk berkarya dan berprestasi demi Bangsa yang lebih baik kedepan. Kemerdekaan yang telah kita alami ini, sangat mahal harganya, sehingga tentunya kita sebagai anak bangsa harus mengisinya dengan pembangunan disegala bidang guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan mencapai cita-cita luhur bangsa demi keadilan seluruh rakyat dan masyarakatnya”.

Baca Juga :  Sambut Pangdam XIII Merdeka, Bupati Perkenalkan Poso Sebagai Daerah 1000 Megalit Dan 5 Dimensi

Kemudian dilanjutkan oleh Sekda “Sebagai warga negara dan warga masyarakat Sintuwu Maroso, termasuk warga masyarakat Kecamatan Pamona Timur, kita pun wajib bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung seluruh program yang dijalankan demi kepentingan bangsa dan daerah, khususnya didalam mendukung cita-cita bersama untuk Kabupaten Poso yang CERDAS meraih piala adipura yang insya Allah bisa kita raih di tahun 2019 ini.

Dengan semangat Kemerdekaan RI ke-74, sebagai peserta kitapun diharuskan berjuang untuk meraih prestasi dalam kompetisi dan perlombaan, dan melalui ajang ini kita tunjukkan prestasi-prestasi olah raga yang membanggakan dan berbau harum. Seluruh peserta harus berjuang dengan penuh semangat sportifitas untuk meraih kemenangan. Menang itu bukan tujuan utama, namun kebersamaan dan solidaritaslah yang diutamakan. Karena inti dari perayaan ini adalah merenggut kemenangan bersama, ikutilah seluruh acara dengan saling memberikan semangat kepada semua peserta. Selamat bertanding bagi seluruh peserta dan Kasih Tuhan akan menyertai dan memberikan yang terbaik bagi kita semua”.

Pertandingan perdana sepak bola setelah pengundian adalah Tim dari Watu Moali Desa Kelei’i melawan Keseblasan dari SMA 1 Pamona Timur.(BP)

KOMENTAR