Tentena, PPID – Remaja merupakan cikal bakal penentu masa depan daerah yang harus dipersiapkan sejak dini. Atas dasar itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengkampanyekan Program Generasi Berencana (Genre).

Salah satu rangkaian kampanye ini adalah acara Sosialisasi mengenai Genre yang diadakan di SMA GKST II Tentena Kecamatan Pamona Puselemba, Sabtu 3 Agustus 2019. Ratusan siswa yang terdiri dari SMA GKST I, SMA GKST II, SMK GKST II dan SMK Eklesia Tentena mengikuti kegiatan tersebut.

Kedatangan Bupati Poso dijemput dengan Upacara adat Pekasiwia, doc by Octo Humas

Dalam hal peningkatan kualitas remaja, termasuk dalam Program Pembangunan Keluarga, di bawah kepemimpinan Darmin-Samsuri sesuai dengan visi misinya, Pemerintah Daerah mengembangkan empat program pembangunan keluarga antara lain Program menjadi orang tua hebat, Program Genre berbasis Pendidikan dan Masyarakat serta program Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja.

Baca Juga :  Peresmian Bumi Perkemahan "Poba'i"

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu selaku Ayah Genre Kabupaten Poso dalam sambutannya mengatakan bahwa remaja merupakan individu-individu calon penduduk usia produktif yang pada saatnya kelak akan menjadi pelaku pembangunan sehingga harus disiapkan agar memiliki perencanaan dan kesiapan yang berkualitas. Karena menurutnya lagi bahwa apabila gagal dalam membina remaja, bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembangunan tetapi juga ancaman akan kegagalan kualitas generasi pewaris berikutnya.

Pemakaian Kemeja Forum Genre Sulawesi Tengah oleh Kadis Pengendalian Penduduk & KB kepada Ketua Forum Genre Kabupaten Poso, doc by Octo Humas

Sementara itu Diana Margareth Sigilipu selaku Ketua Forum Genre Kabupaten Poso melaporkan bahwa pendekatan yang selama ini dilakukan oleh Forum Genre dengan melibatkan pihak sekolah sebagai bagian dari mendekatkan Genre dengan komunitasnya yaitu remaja sekolah telah berjalan dengan baik dan tentunya juga terus mendapat perhatian serta pendampingan yang sangat serius dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  4 Warek Unsimar Dilantik Sekaligus
doc by Octo Humas

Usai membuka kegiatan tersebut Bupati Darmin menyerahkan Buku Modul Pusat Informasi dan Konseling Remaja bagi 30 Kelompok PIK R yang masuk Proyek Prioritas Nasional dan kemeja bagi Pembina-Pembina PIK R. Selain itu juga Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Djani Moula, menyerahkan serta memasangkan kemeja Forum Genre Provinsi Sulawesi Tengah kepada Diana M. Sigilipu sebagai bentuk penghargaan atas usaha serta kerja kerasnya dalam mengkampanyekan Porgram Genre di Kabupaten Poso.

Hadir dalam kesempatan tersebut Majelis Sinode Koordinator Bidang pendidikan Pdt. Dr. Tertius Lantigimo, Ketua YPPK GKST, Camat Pamona Puselemba, Para Kepala-Kepala Sekolah, Kepala Badan Keuangan & Aset Daerah, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan dan Kepala Bagian Humas & Protokoler Setdakab Poso. (GP)

KOMENTAR