Pamut, PPID – Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, semarak perayaan hari kemerdekaan yang kita peringati dan rayakan setiap tahunnya dengan berbagai bentuk kegiatan lomba serta kegiatan kemasyarakatan lainnya sesungguhnya merupakan salah satu tanda dan bentuk kesyukuran kita kepada Tuhan yang telah memberkati perjalanan bangsa Indonesia sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan dari belenggu penjajah. Sehingga kitapun tidak boleh melupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan kembali merefleksikan jasa-jasa patriot kepahlawanan bangsa itu melalui semangat perayaan HUT Ke-74.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya ketika membuka perayaan HUT ke-74 kemerdekaan RI tkt. Kecamatan Pamona Utara, Minggu (4/8/2019). Dikatakan, kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pendahulu kita sangat mahal harganya sehingga alam kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tentunya harus diisi dengan kegiatan pembangunan disegala bidang guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju demi mencapai cita-cita luhur bangsa yakni keadilan seluruh rakyat. Demikian pula halnya kita sebagai warga negara yang mendiami bumi sintuwu maroso termasuk warga Pamona Utara, kitapun wajib untuk terus menggelorakan semangat kepahlawanan itu dengan membangun kebersamaan dan terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa yang memiliki tanggung jawab mengisi pembangunan dengan melibatkan diri pada setiap program pembangunan yang saat ini tengah berjalan, demi kemajuan bangsa dan daerah , khususnya dalam mendukung cita-cita bersama untuk kabupaten Poso cerdas menuju perubahan yang hakiki, ujar Bupati.

Baca Juga :  Paskibraka Membentuk Karakter Muda Yang Disiplin dan Mandiri Serta Cinta Tanah Air

Disisi lain kata Bupati Darmin, manifestasi semangat kemerdekaan tentu akan disalurkan melalui perjuangan meraih prestasi yang terbaik di bebagai kompetisi dan perlombaan olah raga dan seni. Namun Ia juga mengingatkan agar semua pihak tetap menjunjung tinggi sportivitas, sehingga setiap peserta tidak saja siap untuk menang tetapi juga siap kalah. Karena inti dari semua itu adalah kemenangan bersama demi kokohnya persatuan dan kesatuan sesama anak-anak sintuwu maroso yang menikmati alam kemerdekaan. Bupati Darmin juga mengingatkan kepada Camat, aparat terkait dan seluruh panitia agar senantiasa mengarahkan kegiatan perayaan itu dengan baik sehingga bisa mencapai sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan juga sukses manfaat. Perayaan HUT kemerdekaan RI tkt. Kecamatan Pamona Utara yang dupusatkan di kelurahan Petirodongi itu, diikuti 3 kelurahan dan 7 desa yang dihadiri para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta sejumlah Ka. OPD.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Meninjau Langsung Kegiatan Jumpa Berlian

Pada kesempatan yang sama Bupati Darmin juga meresmikan tribun olah raga desa Petirodongi yang ditandai dengan pengguntingan pita. Selain itu juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Percasi kec. Pamona bersaudara masa bhkati 2019-2023 oleh ketua Percasi kabupaten Poso Drs. Abram Sigilipu. MM. Perayaan HUT kemerdekaan RI kec. Pamona Utara itu dibuka secara resmi oleh bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan penendangan bola pertama, peninjauan pameran kuliner non beras dan permainan catur. Sebelum meninggalkan desa Petirodongi, bupati Darmin berkenaan menyaksikan pertandingan pertama sepak bola antara keseblasan Sawidago vs keseblasan Sulewana yang berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk keseblasan Sulewana. (AS)

KOMENTAR