Poso, PPID – Bupati Poso : “Terima kasih kepada Karman Karim, atas kerja samanya dengan memberikan tempat ini (Poso City Mall) untuk gelaran kegiatan, dan semoga kerja sama kita akan terus berlanjut untuk terus membangun tana Poso”.

Bupati Poso Kol. Mar. Purn. Darmin Agustinus Sigilipu membuka kegiatan Festival Pangan Cerdas Sintuwu Maroso, yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Poso bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Poso, Dinas Kesehatan Kab. Poso dan Dinas Kumperindag Kab. Poso. Didampingi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Poso Yan Edward Guluda, SH., MH, Forkopimda Kab. Poso, BAIS, BIN, para kepala OPD, para Camat dan tamu undangan, serta dihadiri oleh peserta dan masyarakat umum.( 08/08/2019)

Kegiatan ini bertujuan, untuk mendorong masyarakat mengkonsumsi Pangan Lokal yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman serta bernilai Komersial dalam rangka peningkatan Ekonomi UMKM Pangan dan Kunjungan Wisata Kabupaten Poso. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dimulai pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2019.

Baca Juga :  Puncak Festival Pangan Cerdas Sintuwu Maroso

Kegiatan yang dilaksanakan berupa: 
1. Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) 
2. Lomba Gemar Makan Ikan (Gemari) 
3. Pameran Bazar Pangan Lokal
4. Lomba Menggambar Pangan Lokal
5. Atraksi-atraksi seni
6. Parade Carnaval Pangan Lokal
7. Gerakan Masyarakat Pecinta Sayur dan Buah.

Bupati Poso “Pemda Kab. Poso saat ini sedang giat-giatnya membangun Daerah agar semakin maju dan semakin sejahtera masyarakatnya. Sebagai Pemerintah Daerah, kami sangat mendorong masyarakat untuk terus berkreasi dan berinovasi menciptakan hal-hal baru demi kemajuan daerah. Kegiatan semacam ini salah satunya, Festival Pangan Cerdas.

Diharapkan dengan digelarnya kegiatan ini akan meningkatkan citra dan popularitas makanan khas Kabupaten Poso secara luas.Produk olahan pangan lokal ini merupakan milik masyarakat selaku binaan baik oleh pemerintah maupun swasta yang ikut berpartisipasi. Kehadiran Pemerintah Daerah dapat menjadi perpanjangan tangan untuk mempromosikan hasil produk olahan pangan lokal masyarakat.

Baca Juga :  Cetak Sawah Baru, Bupati Poso dan Danrem 132 Tadulako Tanam Padi Perdana

Pembinaan terhadap usaha ini, diharapkan akan berkesinambungan demi kemajuan daerah juga nantinya. Hal yang utama adalah untuk peningkatan ekonomi masyarakat, olehnya mari bersama kita dukung terus jenis usaha-usaha pruduktif terutama olahan pangan lokal yang sehat dan kreatif. Disamping itu akan mampu menunjang sektor wisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan”.

Lebih lanjut Bupati Poso mengatakan “Melalui kesempatan ini, saya juga berterima kasih atas peran sektor Swasta yang turut memberikan pendanaan dan pembinaan dalam menumbuhkembangkan inovasi dan kreatifitas masyatakat sebagai bentuk tanggungjawab sosial Perusahaan atau CSR, sehingga UMKM dikabupaten Poso semakin maju dan memiliki daya saing dalam dunia usaha dan perdagangan. Kepada pelaku UMKM saya menghimbau untuk senantiasi memperhatikan kualitas, maupun tampilan serta kebersihan dan kesegaran olahan pangannya, hindari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya yang hanya akan merugikan kesehatan.

Baca Juga :  Poso Surplus Beras 77.662 ton dan Menjadi Pemasok Sampai di Ibu Kota Provinsi

Seindah apapun tampilan makanan jika menggunakan bahan kimia, tidak sebanding dengan makanan yang memiliki warna biasa namun sehat untuk dikonsumsi. Keberhasilan pembangunan di Kab. Poso sangat ditentukan oleh SDM yang memiliki fisik yang tangguh, mental yang baik, kesehatan yang prima dan pikiran yang cerdas. Ini sangat ditentukan oleh kualitas asupan gizi yang dikonsumsi”.

Seusai membuka acara, Bupati Poso bersama Wakil Bupati Poso, Sekda Kabupaten Poso bersama undangan lainnya mengunjungi stand pameran. Pada kesempatan ini para peserta dengan lugas mempresentasikan produk hasil olahan pangan lokal mereka maupun hasil kerajinan tangan. (BP)

KOMENTAR