Poso, PPID – “Jalin persahabatan dan silaturrahmi dengan kegiatan-kegiatan positif serta menjunjung tinggi sportivitas, tunjukkan bahwa kita orang Poso juga memiliki kemampuan yang produktif” tutur Bupati Darmin sesaat menutup secara resmi rangkaian Lomba Balap Perahu Katinting dalam rangka memeriahkan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019 bertempat di TPI Poso, Rabu 14 Agustus 2019. Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang didampingi Kasubdenpom dan Perwakilan Kodim 1307 Poso bersama beberapa Pimpinan OPD menyaksikan Final Lomba Balap Perahu Katinting memperebutkan Piala Bupati Poso yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan & Kelautan Kabupaten Poso.

Sebanyak 24 peserta yang tidak saja hanya berasal dari Kabupaten Poso juga beberapa diantaranya berasal dari Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Touna dan Sigi. Bupati Darmin dalam arahannya sesaat sebelum menyerahkan Piala dan bonus kepada para pemenang mengatakan bahwa pada dasarnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan agar masyarakat lebih dekat dengan alam serta menjaga kelestarian serta kebersihan lingkungan khususnya bagi mereka yang selalu bekerja atau berkecimpung dengan wilayah perairan agar selalu menjaga keseimbangan ekosistem dengan tidak melakukan tindakan-tindakan pencemaran lingkungan.

Baca Juga :  Drumband Gempita Harmoni SDN 7 Poso Sapu Bersih Lomba Devisi SD Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah
Bupati Darmin saat melakukan peninjauan di Lokasi Pembuatan Es Batu bagi Para Nelayan

Perlombaan ini dimenangkan oleh Dedi Samurai, dan posisi kedua ditempati Romi Samurai sedangkan posisi ketiga diraih oleh Adi dari Karawasa dan semua bonus merupakan sumbangan secara pribadi dari Bupati Darmin dengan total Rp 20.000.000,-. Perlombaan ini berlangsung dengan meriah dan disaksikan oleh masyarakat setempat baik yang berada di Lokasi TPI maupun warga masyarakat yang menonton dari seberang wilayah seperti daerah Bonesompe.

Seusai kegiatan, Bupati Darmin melanjutkan dengan melakukan peninjauan di seputaran lokasi TPI yakni tempat pengisian bahan bakar bagi para nelayan yang menggunakan perahu motor dan tempat pembuatan es batu yang dibangun oleh Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Poso guna membantu para nelayan dalam mengangkut hasil tangkapan ikan untuk selanjutnya dijual/dipasarkan. Bupati Darmin berpesan agar setiap fasilitas yang diberikan Pemda benar-benar dapat dipergunakan untuk kepentingan rakyat. (GP)

KOMENTAR