Poso, PPID – Malam Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Poso berlangsung dengan khidmat di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso, Kamis 15 Agustus 2019. Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bertindak sebagai Inspektur Upacara pada malam pengukuhan tersebut berpesan kepada Paskibraka agar mempersiapkan fisik dan mental dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran sehingga pada acara puncak HUT Kemerdekaan RI Ke-74 nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Mengisi masa muda dengan kegiatan-kegiatan positif serta bermanfaat bagi daerah merupakan kebanggaan tersendiri dan juga membawa nama baik keluarga di tengah masyarakat” ungkap Bupati Darmin. Ia juga mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Pemuda & Olahraga bekerjasama dengan Purna Paski dalam melatih Paskibraka ini dilakukan selama 6 bulan penuh, masa waktu pelatihan terpanjang apabila dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Perpustakaan Komunitas Rano Poso Resmi Dibuka
Penyerahan Pedang Pora oleh Bupati Darmin kepada Danpas, doc by Octo Humas

Lanjutnya lagi bahwa hal ini menunjukkan Pemerintah Daerah tidak main-main dalam mempersiapkan Paskibraka yang akan bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di sore harinya tanggal 17 Agustus nanti. Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Kabid Pemuda Andi Pontoh, SH, MH melaporkan ada sejumlah 17 SMA di Kabupaten Poso yang berhasil terpilih mengirimkan siswanya untuk menjadi Paskibraka Tahun 2019 diantaranya SMA N 1 Poso yang paling banyak mengirimkan 14 siswa, 10 Siswa berasal dari SMA N 3 Poso, 9 siswa dari SMA N 2 Poso.

Dalam upacara ini juga Bupati Darmin menyerahkan pedang pora kepada Komandan Paskibraka (Danpas) Upacara Detik-Detik Proklamasi Letda Inf. Tommy Ardianto, S. Tr HAN jabatan Danton 3 Kompi Snapan E Yonif 714/SM Lulusan Akmil 2017 dan Danpas Upacara Penurunan Bendera IPDA Nandito Marbun jabatan Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Lulusan Akpol 2018. Malam pengukuhan ini dihadiri oleh Seluruh Pasukan yang bertugas mulai dari TNI/Polri, para orang tua Paskibraka, Kepala-Kepala Sekolah, Wakil Bupati Poso, Pimpinan OPD dan Anggota FKPD. (GP)

KOMENTAR