Poso, PPID – Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 di Kabupaten Poso yang digelar di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso, Selasa 20 Agustus 2019 dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Poso, Perwakilan Kodim 1307 Poso, Rektor UNSIMAR, sejumlah Pimpinan-Pimpinan Bank, Pimpinan OPD dan Koperasi se-Kabupaten Poso. Adapun maksud pelaksanaan kegiatan ini, dalam laporan Panitia Pelaksana, Kabid Koperasi dan UMKM, Merry CH Nggau, SE mengatakan bahwa untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kesadaran berkoperasi bagi masyarakat Gerakan Koperasi serta Generasi Milenial di Kabupaten Poso maka digelar beberapa rangkaian acara yang melibatkan seluruh koperasi-koperasi di Kabupaten Poso.

Beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya yakni pada tanggal 19 Agustus 2019 di Poso City Mall yaitu Lomba Penilaian Koperasi Berprestasi, Penilaian Koperasi Sehat terhadap Gerakan Koperasi, lomba Cerdas Cermat, dan sejumlah lomba-lomba menarik lainnya seperti Tarik tambang, lari karung dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Poso Masuk Dalam 4 Kabupaten/Kota yang Memiliki Angka IPM di atas angka Sulawesi Tengah
Antusiasme warga Koperasi saat menjawab pertanyaan dari Bupati Darmin terkait dengan masalah Koperasi

Dengan mengangkat tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4,0”, P. Rama Tandawuya, SE, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso mengatakan bahwa perayaan kali ini memiliki makna berbeda karena hasil kerja keras dan kerja cerdas serta keberpihakan Pemerintahan yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri dalam mendorong dan meningkatkan Pembangunan Koperasi dan UMKM sehingga memberikan penganugerahan kepada Koperasi Berprestasi dan koperasi sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kabid Kelembagaan dan Pengawasan, Drs. Toni AK Mohamad mengatakan bahwa tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian saat ini tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis namun juga para insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi dalam memajukan koperasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pemberian Piagam Penghargaan Kepada Koperasi Berprestasi, Koperasi Sehat dan Koperasi yang baru pertama kalinya melaksanakan RAT di tahun 2019

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dalam arahannya mengatakan hendaknya perayaan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat koperasi di Kabupaten Poso untuk terus memacu kreativitas dan daya saing agar dapat berkontribusi lebih besar bagi perkembangan perekonomian serta mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi pembiayaan, produksi dan jenis koperasi lainnya.

Baca Juga :  Bupati Darmin Terima Kunjungan Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Ia juga menyarankan agar pelaku-pelaku koperasi juga melibatkan generasi milenial dalam mengelola koperasi, sesuai dengan tema sentral yang diangkat, Ia mengatakan bahwa hendaknya gerakan koperasi dapat merangkul para generasi muda menimbang karakteristik yang dimiliki oleh generasi milenial yang cenderung lebih fasih dalam menggunakan media teknologi digital. Hal ini lanjutnya lagi ditujukan agar supaya koperasi di Kabupaten Poso juga dapat beradaptasi serta bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang berjalan dinamis.

Di sela-sela acara, Bupati Darmin kembali menantang para peserta untuk mengucapkan Pembukaan UUD 1945

Dengan sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh koperasi di Kabupaten Poso, salah satunya seperti terbatasnya akses koperasi dan UMKM kepada sumber daya produktif seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar, Bupati Darmin juga menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mengupayakan mengambil langkah-langkah kebijakan dengan memberikan pembinaan dan pendampingan untuk memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru sebagai Program Strategis dan Unggulan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM oleh Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Baca Juga :  Musrenbang Kekinian ala Darmin-Samsuri "Terjun langsung di lapangan"

Di akhir acara, Bupati Darmin menyerahkan piagam penghargaan dan bonus kepada Koperasi Berprestasi yang diraih oleh KSP Pedeka Desa Tri Mulya Poso Pesisir Utara dan Koperasi Sehat yang diraih oleh Koperasi Syariah BMT-72 Amanah Kelurahan Kawua Poso Kota Selatan, serta Koperasi yang pertama kali melaksanakan RAT di tahun 2019 yang diraih oleh Koperasi Pegawai Negeri Ikhtiar Kelurahan Kayamanya Poso Kota.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberian penghargaan serta motivasi bagi koperasi-koperasi lainnya agar semakin menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk berprestasi, meningkatkan kemampuan gerakan koperasi dalam mengelola usaha, meningkatkan usaha koperasi agar berkembang dengan baik serta melakukan administrasi organisasi, usaha dan keuangan/permodalan dengan baik, benar dan transparan sebagai salah satu strategi dalam mendukung visi misi Pemerintahan Darmin-Samsuri yang menetapkan Koperasi UMKM sebagai basis ekonomi kerakyatan. (GP)

KOMENTAR