Poso, PPID – Merdeka dalam arti sederhana yaitu lepas dari cengkraman dan kekejaman penjajah sedangkan dalam arti yang luas adalah kita sebagai suatu bangsa dapat menentukan nasib kita sendiri tanpa campur tangan bangsa lain, merdeka secara ideology, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya. Kabupaten Poso pun merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-74 tahun dengan serangkaian pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan pada Jumat 16 Agustus 2019 pukul 24.00 Wita, Upacara Detik-Detik Proklamasi pada pukul 09.30 Wita dan Upacara Penurunan Bendera pukul 16.30 wita pada Sabtu 17 Agustus 2019 bertempat di Lapangan Maroso Poso.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri oleh FKPD, Danyon 714/SM, Sekretaris Daerah, Para Rektor baik dari UNSIMAR, UNKRIT maupun STT Tentena, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Hakim/Jaksa, Perwira TNI/Polri, Organisasi-Oraganisasi Perempuan dan Pemuda, Pimpinan Parpol, Tokoh-tokoh masyarakat, agama serta Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemda Poso. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Renungan Suci adalah Komandan Kodim 1307 Poso Letkol Inf. Catur Sutoyo, SE, sedang pada Upacara Detik-Detik Proklamasi di pagi harinya oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, dan pada Upacara Penurunan Bendera oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si.

Baca Juga :  Apel Bersama di Lingkungan Pemda Poso
Apel Kehormatan & Renungan Suci di TMP Kawua Poso, Jumat 16 Agustus 2019 pukul 24.00 wita, doc by Octo Humas

Dalam rangkaian upacara di pagi hari Bupati Darmin menganugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 30, 20 dan 10 tahun bagi ASN di Lingkup Pemda Poso, Penyerahan Remisi bagi 122 orang warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Poso, piagam penghargaan bagi 3 pilar Kelurahan Kayamanya atas prestasi dalam menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam memimpin wilayahnya, penyerahan piagam dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI atas prestasi yang diraih Juara III Tingkat UPTD/Pengamat Irigasi pada pemilihan petugas operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan tingkat nasional tahun 2016.

Atas nama Gubernur Sulawesi Tengah juga memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso sebagai terbaik I dalam pengelolaan program Pamsimas tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2017. Selain itu juga Bupati Darmin menyematkan Pin Palindo kepada Satgas Tinombala dan Sarto Sirenden, S.IP lulusan terbaik Institute Pemerintahan Dalam Negeri dengan IPK 3,78 Fakultas Manajemen Pemerintahan Program Studi Manajemen Pembangunan yang telah memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI Kartika Pradnya Utama sebagai Putra Terbaik dari Kecamatan Lore Utara asal Pendaftaran Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Darmin-Samsuri Berupaya Memenuhi Kebutuhan Masyarakat tanpa Mengabaikan Peraturan yang Berlaku
Saat Pengibaran Bendera dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Lapangan Maroso, doc by Octo Humas

Dengan tema sentral SDM unggul Indonesia Maju, Bupati Darmin yang ditemui sesaat pelaksanaan Upacara selesai mengatakan bahwa hal-hal yang dapat dilakukan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi ini yaitu dengan mensyukuri nikmat kemerdekaan seperti mengikuti upacara secara khidmat, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan serta menjaga keutuhan NKRI. Terkait dengan mengisi kemerdekaan yang telah diraih selama 74 tahun ini, Bupati Darmin berpesan agar masyarakat Poso dapat melanjutkan perjuangan para pejuang dengan melakukan pembangunan bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan dalam bingkai kebhinekaan.

Berbagai rangkaian atraksi pun ditampilkan sesudah pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi dilakukan, diantaranya seperti Senam Poso Cerdas yang mengangkat kearifan lokal, Tarian Massal Satu Indonesia serta Drama Kolosal. Sementara itu di malam harinya digelar Malam Ramah Tamah bertempat di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso yang juga diisi dengan berbagai atraksi kesenian.

Baca Juga :  Apel Perdana setelah Cuti Bersama Perayaan Idul Fitri 1439 H di Lingkup Pemda Poso
Penyerahan Remisi bagi 122 orang warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Poso, doc by Octo Humas

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Hut Kemerdekaan RI ke-74 ini, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Victor Tumonggi melaporkan sejumlah rangkaian lomba telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ini seperti Lomba kebersihan antar kelurahan dan kecamatan yang diraih oleh Poso Kota Selatan, tingkat SMA diraih oleh SMA N III Poso, SMP diraih oleh SMP N 1 Poso, SD diraih oleh SDN 7 Poso, antar Instansi Vertikal diraih oleh Kantor Pajak Pratama Poso, dan untuk tingkat OPD diraih oleh RSUD Poso.

Selain itu juga diselenggarakan lomba sepak bola liga pelajar, maching band, perahu katinting, tenis meja antar OPD, catur antar OPD dan sejumlah kegiatan lainnya seperti festival pangan se-kabupaten Poso dengan lomba cipta menu, bazaar pangan lokal, lomba gerakan masyarakat ikan dan gerakan masyarakat pecinta makan buah. (GP)

KOMENTAR