Poso, PPID – Apel bersama setiap hari Senin, dirangkaikan dengan Penyerahan alat mesin Pertanian bantuan APBN-P TA. 2019 oleh Dinas Pertanian Kabupaten Poso, kepada Kelompok Tani Bentua Desa Pandayora, Kecamatan Pamona Selatan berupa 1 Unit Hand Traktor yang diterima oleh Ketua Kelompok, a.n Sindi Manggora. Kelompok Tani Tete Waya’a Desa Barati, Kecamatan Pamona Tenggara yang diterima oleh Ketua Kelompok Hermanto Pagilalo dan kepada Kelompok Tani Suo Ntombu Desa Peura, Kecamatan Pamona Puselemba yang diterima oleh Ketua Kelompok Natalian Lidaya. Penyerahan 1 unit Cultivator kepada Kelompok Tani Kembang Joyo Deda Sintuwu Lemba Kecamatan Lage diterima oleh Ketua Kelomopok Ngatimin. Penyerahan 3 Unit Sprayer kepada Kelompok Tani Petiro Poso Desa Kawende Kecamatan Poso Pesisir Utara yang diterima oleh Endo Songka Marobo. Disamping itu, penyerahan bibit Kakao kepada Kelompok Tani Uwerainu Desa Tangkura Kecamatan Poso Pesisir Selatan dan Kelompok Tani Wainta Sejahtera Desa Barati Kecamatan Pamona Tenggara. Penyerahan Polis Asuransi Usaha Tani Padi kepada Kecamatan Pamona Puselemba dan Pamona Tenggara. Total bantuan Dinas Pertanian tahun anggaran 2019, dari dana APBD berupa 40 unit hand traktor, Cultivator 14 unit, dan hand sprayer sebanyak 10 unit serta dana APBN berupa 9 unit hand traktor. Dibidang Perkebunan, dana APBD berupa bibit Cacao sejumlah 8000 pohon dan asuransi bagi petani padi sejumlah 5000 ha.

Baca Juga :  Pembukaan Kegiatan FGD dalam rangka Penyusunan Publikasi Kabupaten Poso Dalam Angka 2019

Pejabat penerima apel adalah Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si, didampingi Sekretaris Daerah Kab. Poso dan para Asisten serta Staf Ahli Bupati (26/08/2019). Diikuti oleh seluruh kepala OPD bersama stafnya. Wakil Bupati Poso dalam arahannya menyampaikan “sebagai awal dari rutinitas kita pagi ini adalah apel bersama sebagaimana yang kita laksanakan ini, banyak agenda hari ini yang harus kita laksanakan, diantaranya pelantikan anggota DPRD yang baru tepatnya jam 9, ya biasanya kalau undangannya jam 9 berarti sebelum jam 09.00 sudah harus hadir dan harapan saya bagi para kepala OPD untuk bisa menyesuaikan jangan sampai terlambat dan yang kedua nanti sore, sekitar jam 14.30 akan dilaksanakan pembukaan Pesona Festival Danau Poso. Olehnya bagi kita yang telah dipercayakan untuk melaksanakan tugas agar bekerja dengan sebaiknya sehingga tidak ada yang terbengkalai. Bantuan yang telah diberikan oleh Dinas Pertanian agar terus dijaga dan dirawat penggunaannya agar bermanfaat bagi semua anggota kelompok. Umur alat yang sebenarnya dapat digunakan selama 5 sampai 10 tahun, dalam waktu singkat sudah rusak. 
Tentu akan memghambat upaya yang sudah direncanakan untuk meningkatkan produktifitas pertanian. Gunakan alat yang sudah diberikan dengan baik dan merata bagi seluruh anggita, agar tidak ada yang cemburu yang nantinya hanya akan berakhir pada kehancuran kelompok. Alat yang diberikan adalah kepunyaan bersama, sehingga harus digunakan secara bersama-sama dan bergantian”.

Baca Juga :  Apel Perdana setelah Cuti Bersama Perayaan Idul Fitri 1439 H di Lingkup Pemda Poso

Lebih lanjut Wabup menambahkan ” banyak orang yang berharap bisa mendapatkan bantuan alat tersebut, namun belum terpenuhi. Bagi kita yang telah memiliki agar selalu dirawat dengan sebaiknya dan bersyukur karena dapat membantu meringankan beban kerja kita untuk menggarap lahan serta memberikan manfaat besar bagi kelompok tani. Produksi cacao kita yang agak akhir-akhir ini, semoga akan membaik kembali dengan adanya bibit bantuan yang diberikan serta kepada semua petani cacao agar tidak jemu untuk terus bertanya pada penyuluh yang ada maupun untuk belajar terus, karena media pembelajaran saat ini dapat dilakukan dimana saja melalui Internet. Hal yang juga sangat membanggakan bahwa Kabupaten Poso berhasil meraih Juara 1 Matematika Terintegrasi Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah atas nama Rahmawati Dg. Manandri asal Sekolah Madrasah Aliah Muhammadiyah Poso yang dilaksanakan di Palu serta Amirah Dzatul Hummah asal Sekolah Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Poso Kota yang berhasil meraih Juara 1 IPA Terintegrasi Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Palu dan akan mewakili Provinsi Sulteng mengikuti lomba tingkat Nasional di Manado. Didamoingi oleh Kasi Pendis Kemenag Kab. Poso (Azhar, S.Ag), Kepala Madrasah Aliah Muhammadiyah Poso (Suhaemi Ma’aling A.Ag. MPdi), Guru Matematika MA. Muhammadiyah (Muh. Gani, S.Ag) dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Poso Kota. Semoga berhasil meraih juara Nasional.(BP)

KOMENTAR