Tambarana, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu melaunching Desa Sadar Kerukunan serta meresmikan Tugu FKUB di Desa Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara, Rabu 4 September 2019. Didampingi Ketua FKUB Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr. Hi. Zainal Abidin, MAG, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulteng Dr. Hi. Rusman Langke, M.Pd, Ketua FKUB Kabupaten Poso H. Yusuf Runa bersama Unsur Tripika Kecamatan Poso Pesisir Utara, Bupati Darmin secara resmi menggunting pita papan selubung Tugu FKUB sebagai pertanda dilaunchingnya desa Tambarana sebagai desa Sadar Kerukunan.

Di tengah maraknya isu disintegrasi dan intoleransi yang menciderai persatuan dan kesatuan bangsa, Bupati Darmin dalam sambutannya mengatakan bahwa langkah positif ini merupakan inovasi terbaik dalam menjaga sikap saling hormat-menghormati antar umat beragama. Terlebih khusus, lanjutnya lagi bahwa Desa Tambarana yang sedari dulu merupakan daerah percontohan bagi wilayah-wilayah lainnya di Kabupaten Poso merupakan daerah yang selalu terjaga serta terpelihara kondisi kehidupan yang damai dan aman.

Baca Juga :  Ikut Berpartisipasi dalam Pesta Demokrasi Ala Bupati Darmin

“Dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi informasi yang membawa pada semakin mudahnya dalam mengakses informasi, kadangkala membuat kita terlalu cepat mengambil keputusan tanpa melalui kajian yang matang dan hal itulah yang kadangkala membuat kita salah paham sehingga berdampak pada rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya dibutuhkan suatu model percontohan kehidupan yang harmonis dalam bermasyarakat, kehidupan yang tidak mudah terpancing dengan isu-isu provokatif serta berita-berita hoax yang membuat kita tercerai-berai” jelas Bupati Darmin

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan dialog antar lintas agama, suku serta budaya dimana menurut Bupati Darmin hal ini sebagai salah satu langkah bijak dalam mengantisipasi berbagai isu perpecahan dan isu intoleran. Sementara itu Kakanwil Kemenag Provinsi Sulteng Dr. Hi. Rusman Langke, M.Pd mengapresiasi apa yang sudah diupayakan oleh Pemerintah Daerah yang dinilai mampu bekerjasama dengan semua pihak termasuk FKUB dan Kementrian Agama dalam menyelenggarakan serta mengupayakan berbagai cara guna menjaga kehidupan yang harmonis di Bumi Sintuwu Maroso.

Baca Juga :  Bupati Darmin Berharap Semua Bantuan Terdistribusi Dengan Baik dan Merata

Satu hal yang tidak pernah surut dari kinerja Pemerintahan Darmin-Samsuri yang selalu berupaya untuk mewujudkan kondisi kehidupan yang lebih baik di Tana Poso dengan melakukan berbagai inovasi demi citra Kabupaten Poso di mata luar. “Kami selaku Pemerintah Daerah akan tetap terus berupaya untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso, yang tentunya juga atas kerjasama serta dukungan dari berbagai pihak, kiranya mimpi serta harapan Kabupaten Poso yang semakin maju dan berkembang di berbagai sector dapat terpenuhi” tegas Bupati Darmin menutup sambutannya. (GP)

KOMENTAR