Tagolu, PPID – Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara pada pelaksanaan Upacara Bendera Setiap 17 Bulan Berjalan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bersama TNI/Polri bertempat di Lapangan Tagolu Kecamatan Lage, Selasa 17 September 2019. Dihadiri oleh seluruh Pimpinan OPD dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Poso bersama Unsur Muspika Lage, Wabup Samsuri juga meresmikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Wilayah Kecamatan Pamona Timur, Barat, Tenggara, Puselemba dan Utara, Kecamatan Lore Utara, Peore dan Barat, Kecamatan Lage, Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan.

Penandatanganan Berita Acara oleh Anggota BPD yang baru saja diresmikan oleh Wakil Bupati Poso

Pengresmian 115 Anggota BPD ini diambil sumpah dan selanjutnya melakukan penandatangan berita acara yang disaksikan oleh Wakil Bupati Poso bersama rohaniwan pengukuh sumpah. Dalam arahannya Wabup Samsuri kembali menegaskan bahwa fungsi BPD adalah menetapkan peraturan desa bersama Kepala Desa serta menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Baca Juga :  Musrenbang Cluster II : Tahun 2019 Sebagai Tahun Percepatan Pembangunan
Upacara digelar di Lapangan Desa Tagolu Kecamatan Lage, Selasa 17 September 2019

Ia juga mengatakan bahwa BPD melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa sehingga lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa ini menjadi sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa. Dengan adanya UU N0. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menempatkan desa sebagai subyek bagi pembangunan di wilayahnya sendiri sehingga membuat peran BPD mutlak dan penting mengingat desa yang selama ini diposisikan sebagai obyek, kini telah menjadi subyek bagi pengembangan potensi dirinya sendiri.

Terkait dengan pelaksanaan upacara yang digelar setiap tanggal 17 bulan berjalan dan dilaksanakan secara bergilir di setiap kecamatan ini, berlangsung dengan khidmat, dimana hal ini kembali menegaskan adanya upaya Pemda selain untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan persatuan di Bumi Sintuwu Maroso juga sebagai bentuk perhatian dan keseriusan Pemda dalam melakukan pembangunan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Poso. Dalam upacara yang juga turut dihadiri oleh anak-anak sekolah ini, Wabup Samsuri berpesan agar masyarakat tidak mudah terpancing dan terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan masyarakat yang sudah lama hidup harmonis di Kabupaten Poso. (GP)

KOMENTAR