Amurang, PPID – Kunjungan balasan Pemerintah daerah Kabupaten Poso di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara dipimpin langsung oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, pada Pembukaan Festival Teluk Amurang 2019, Rabu 25 September 2019. Didampingi Kepala Dinas Pariwisata, PUPR, Kesehatan, Pengendalian Penduduk & KB, Dukcapil Kabupaten Poso serta Kepala Bagian Humas & Protokoler Setdakab Poso, Bupati Poso hadir melakukan kunjungan balasannya setelah pada beberapa waktu yang lalu Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau yang kerap disapa dengan Bupati CEP ini hadir mengikuti beberapa agenda kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dimulai dari Pelantikan Anggota DPRD terpilih periode 2019 – 2024 sampai pada Pembukaan Festival Danau Poso Ke-21 dan Festival Budaya Daerah Ke-12.

Menjalin kerjasama dan hubungan silaturrahmi antar kedua kabupaten yang berada di satu pulau yang sama serta menyaksikan secara langsung kegiatan pembangunan, ekonomi dan masyarakat di Kabupaten Minsel ini, kehadiran Pemda Poso pada Perayaan Festival Teluk Amurang yang baru ke-4 kalinya di selenggarakan ini, juga turut menampilkan peragaan Poso Tourism Carnival. Kolaborasi kerjasama antar kedua Kabupaten ini tampak dalam pagelaran deville dimana Poso Tourism Carnival tampil di awal mengiringi deville sejumlah kecamatan serta Satuan Perangkat Daerah di lingkup Pemda Minsel.

Baca Juga :  Rakornas P3MD, Bupati Darmin: "Lakukan Pengawasan Dana Desa Secara Periodik "

Ini dilakukan oleh Pemda Kabupaten Poso di bawah Kepemimpinan Darmin- Samsuri sebagai upaya pengenalan serta promosi terhadap seni budaya yang ada di Kabupaten Poso lewat penampilan busana-busana carnival yang mencirikhaskan Tana Poso seperti ikan sidat, air terjun Saluopa serta beberapa kostum lainnya yang dipadu padankan dengan batik Poso. Satu hal yang membanggakan pada saat pelaksanaan Deville dimana Lagu Poso yang dibawakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Poso menjadi audio music penggiring jalannya deville.

Bupati Darmin dalam kesempatannya saat mendampingi Bupati CEP yang tengah mengunjungi stand-stand pameran pada hari kedua pelaksanaan Festival mengatakan bahwa hubungan kerjasama kedua Kabupaten ini adalah untuk saling membantu satu sama lain dalam kegiatan pembangunan serta promosi pariwisata. “Kerjasama antar daerah merupakan isu yang juga perlu diperhatikan oleh Pemda saat ini mengingat perannya dalam menentukan ketahanan Negara serta melihat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang juga harus diupgrade dengan contoh dari daerah-daerah lain” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Wakil Bupati mengajak masyarakat Poso melakukan kegiatan yang bersifat membangun

Salah satu contoh yang bisa diambil adalah promosi-promosi kepariwisataan serta adanya hubungan saling tukar menukar informasi dalam menjual potensi-potensi daerah guna menunjang proses pembangunan. Oleh karenanya, untuk menunjang hubungan kerjasama ini, maka lanjutnya lagi bahwa diperlukan identifikasi isu-isu strategis, bentuk atau model kerjasama yang tepat guna menuntun pada keberhasilan kerjasama yang menguntungkan kedua pihak lewat kunjungan balasannya kali ini.

Senada dengan Bupati Poso, Bupati CEP pun mengiyakan bahwa kedatangan rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso di Minahasa Selatan yakni juga sebagai sarana kerjasama untuk mencapai kemajuan yang lebih tinggi dalam artian kedua Kabupaten ini saling mentransfer kepandaian, ketrampilan dan informasi. Seperti misalnya daerah yang satu belajar kelebihan atau kepandaian dari daerah lain yang menurutnya lagi bahwa sudah seharusnya bahwa setiap daerah pasti akan berusaha memajukan atau mengembangkan dirinya dari hasil belajar bersama.

Baca Juga :  Penyerahan Bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk Perkuat Sektor Kelautan dan Perikanan

Dalam hubungan kekerabatan tersebut, Bupati CEP bersama pejabat di Lingkup Pemda Minsel, mengajak Bupati Darmin bersama rombongan untuk menikmati city tour yang dilaksanakan sehari penuh setelah pelaksanaan acara pembukaan festival selesai. Bupati Darmin pun bersama rombongan kembali dijamu dengan makan siang bersama di Rumah Dinas Bupati CEP.

Pelaksanaan Pembukaan Festival Teluk Amurang 2019 ini diselenggarakan juga dalam rangkaian Ibadah KKR dengan pembicara Garren Lumoindong (Putra dari Pdt. Gilbert Lumoindong, red) dan Perayaan HUT Bupati CEP yang ke-52 tahun digelar di Boulevard Kota Amurang di malam harinya. Adapun Sammy Simorangkir dan Vicky Salamor turut memeriahkan pelaksanaan Festival Teluk Amurang yang mendatangkan ribuan masyarakat dari seluruh penjuru Minahasa Selatan. (GP)

KOMENTAR