Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso, Selasa 1 Oktober 2019. Salah satu peringatan kenegaraan yang dilakukan adalah upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober yang mengingatkan tentang ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Poso Sesi K.D. Mapeda, SH, MH saat membacakan Ikrar, doc by Gita Humas

Oleh sebab itu, penyelenggaraan upacara ini menurut Bupati Darmin Sigilipu yang ditemui seusai pelaksanaan upacara mengatakan bahwa ini sebagai upaya peningkatan kewaspadaan daerah dengan adanya berbagai ancaman isu-isu hoax yang mengarah pada perpecahan daerah pada khususnya dan bangsa Negara pada umumnya. Sementara itu Ketua Sementara DPRD Kabupaten Poso Sesi K.D. Mapeda, SH, MH membacakan serta menandatangani Ikrar sebagai pengakuan, janji serta sumpah akan kesetiaan masyarakat kepada Pancasila.

Baca Juga :  Evaluasi Capaian Kinerja Perangkat Daerah Pola Darmin-Samsuri

Upacara Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan upacara lainnya, karena hanya di upacara ini dilakukan pembacaan dan penandatanganan ikrar kesetiaaan kepada Pancasila. Dimana dalam ikrar tersebut menyebutkan bahwa “pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI; bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;”

AKP. Sudaryanto bertindak sebagai Perwira Upacara

Sehingga dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideology Pancasila, lanjut menurut Bupati Darmin bahwa kiranya masyarakat daerah Tana Poso secara khusus dan bangsa Indonesia pada umumnya, lewat peringatan upacara ini kembali dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI. Dalam Upacara yang bertemakan “Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia” ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), beberapa Anggota DPRD Kabupaten Poso, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal dan Pejabat di Lingkup Pemda Poso.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso : Aparat Pemda Harus Siap Kapan Saja

Dipimpin oleh IPTU Cahya Fajar Timur A selaku Komandan Upacara dan AKP. Sudaryanto selaku Perwira Upacara, dalam upacara ini juga Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Poso Victor Tumonggi bertugas membacakan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945. Peserta upacara terdiri dari TNI/Polri, ASN dan anak-anak sekolah ini, pelaksanaan upacara berjalan dengan tertib dan lancar. (GP)

KOMENTAR