Poso, PPID – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso menggandeng Satuan Lalu Lintas Polres Poso, Jasa Raharja dan BNN Kabupaten Poso dalam Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Penyalahgunaan Narkoba yang digelar di Gedung Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Poso, Rabu pagi 2 Oktober 2019. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kasatlantas Polres Poso IPTU Cahya Fajar Timur Amboina, SIK, Kepala Kantor Perwakilan Jasa Raharja Poso Ihwan dan Kepala BNN Kabupaten Poso AKBP Sahidi, SH, MH dengan peserta yang terdiri dari unsur pengelola transportasi darat, tenaga pendidik perwakilan SLTA dalam wilayah Kota Poso, pengendara kendaraan (sopir) dari Perusahaan Otobus / PO, dan unsur personil Dishub Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Bupati Poso di Wilayah Perbatasan

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap keselamatan jalan sesuai UU No. 22 Tahun 2009 serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui akibat dari penyalahgunaan serta efek negative dari narkoba. Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan mengatakan bahwa Pemerintah telah mengatur sedemikian rupa tentang aturan menggunakan jalan dan berkendara di jalan umum namun itu semua tentunya juga memerlukan sosialisasi agar semua peraturan perundang-undangan dapat terlaksana secara maksimal.

Terkait dengan seringnya terjadi kecelakaan lalulintas, Bupati Darmin juga mengatakan bahwa ini tidak saja hanya disebabkan oleh karena faktor alam tetapi juga faktor manusia itu sendiri. Oleh karenanya diperlukannya pemahaman tentang aturan berlalulintas yang lebih lagi serta peningkatan kesadaran masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu lalulintas serta pemakaian keselamatan bagi setiap pengendara.

Baca Juga :  Apel Bersama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dirangkaikan dengan Launching e-Planing dan Clinic Cerdas e-Planing

Sementara itu, menanggapi penyalahgunaan tentang zat-zat berbahaya lainnya seperti Lem Fox bagi anak-anak sekolah, Bupati Darmin mengatakan bahwa Pemda akan mengeluarkan Peraturan tentang larangan penjualan barang tersebut kepada anak-anak sekolah. Ini dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan terhadap barang tersebut mengingat harapan masa depan daerah juga ditentukan oleh generasi muda.

Usai acara pembukaan, Bupati Darmin melakukan tes urin untuk pemeriksaan narkoba yang diselenggarakan oleh BNN Kabupaten Poso. Sebuah contoh baik yang diberikan oleh sosok Pimpinan bagi masyarakat dan daerahnya. (GP)

KOMENTAR