Poso, PPID – Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka Seminar Hasil Penelitian Tingkat SMU Kegiatan Peningkatan Riset Pengembangan Iptek  T.A 2019 di ruangan rapat Bapelitbangda Kabupaten Poso, (08/10/2019). Yang dihadiri oleh Kepala Bapelitbangda Poso, Lembaga Penelitian Universitas Sintuwu Maroso, para kepala-kepala sekolah dan dewan guru pendamping siswa dari sekolah unggulan.

Dalam sambutannya Wabup Samsuri menghimbau kepada para peserta yang hadir agar dalam menghadapi tantangan hidup, kita tidak bisa tinggal diam, kita harus mendorong anak-anak dalam berkompetisi. Karena merekalah generasi milenial masa kini, yang siap berkompetisi nantinya.

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa kita harus memahami arti dari simbol “Cerdas” atau “Salam Cerdas” yang saat sudah menjadi ciri khas dari masyarakat Kabupaten Poso dimana kata Cerdas, (Ceria, Elok, Ramah, Damai, Adil & Sejahtera), kata ini juga merupakan ajakan atau seruan bagi masyarakat Kabupaten Poso untuk dapat berpikir, bertutur kata serta berperilaku sopan dan santun didalam lingkuang sosial. Didalam lingkungan sosial kita harus memiliki rasa solidaritas. Wabup juga menghimbau untuk para siswa siswi untuk menjauhi narkoba.

Baca Juga :  Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan

Menurut Wabup jika kita ingin berhasil kita seharusnya rajin, sabar, bijak, dan selalu berdoa. Karena kunci dari semuanya ialah berdoa. Selain itu wabup juga berpesan untuk jangan mudah terbawa isu yang belum kita ketahui kebenarannya serta jangan mudah terprovokasi, akan tetapi kita harus cerdas dan pandai menganalisa informasi yang kita peroleh. Jika kita ingin maju, kita harus berbuat dulu, jangan suka protes, mengeluh, serta menerima jika kita dikoreksi” ungkap Wabup.

Adapun peserta didik yang mengikuti seminar penelitian ini yaitu terdiri dari SMK Harmony dengan judul penelitian daun salam sebagai pengusir kecoak, SMA GKST 2 TENTENA dengan judul Penelitian Inovasi Pembuatan Arang Briket Dari Tongkol Jagung Sebagai Bahan Dasar Alternatif, SMA N 3 Poso dengan judul Ekstrak Germanium sebagai Indikator Alami Boraks dan Formalin,dan SMA GKST 1 Tentena dengan Judul Pembuatan Obat Nyamuk Elektrik dari daun Kelor yang terakhir dari SMK N 1 Poso Pesisir Dengan Judul Merakit Inverter 100w dengan Menggunakan Pensil Surya sebagai Sumber Tenaga Listrik. (Ophie)

KOMENTAR