Poso, PPID – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kembali diakui oleh Pemerintah Pusat dengan memberikan Piagam Opini WTP dari Menteri Keuangan RI yang diserahkan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu pagi 16 Oktober 2019, bertempat di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso. Acara ini sekaitan dengan dilaksanakannya Penandatanganan MOU tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah antara Bupati Poso dan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Kanwil DJPb Kemenkeu RI Provinsi Sulteng Irfa Ampri, AK, MA, PhD mengakui bahwa capaian opini terbaik ini tidak semata-mata disajikan oleh laporan keuangan yang baik tapi juga ditopang dengan adanya efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap Undang-Undang. Ia juga menambahkan bahwa dalam Penyelesaian LKPD, yang paling utama adalah adanya komitmen kepala daerah dalam hal ini Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri yang terus mengupayakan jajarannya untuk tetap menjalankan laporan keuangan yang akuntabel.

Baca Juga :  Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 di Kabupaten Poso

Ia juga memuji kinerja Pemerintahan Darmin-Samsuri yang merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menggunakan aplikasi E-SDGs yang memuat data indikator pencapaian dan target RAD-TPB/SDGs serta aplikasi E-Budgeting untuk mengawal regulasi, mendorong transpransi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Menanggapi hal tersebut, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa opini WTP yang diraih oleh Kabupaten Poso saat ini bukanlah tujuan akhir, melainkan bagaimana Pemda berupaya dalam pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut juga digunakan sebagai informasi sebagai masukan atau feedback bagi perencanaan penganggaran selanjutnya.

“Penghargaan ini kami syukuri bersama dan akan kami jadikan motivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depan demi masa depan masyarakat Kabupaten Poso” ucap Bupati Darmin. Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya penghargaan ini membuktikan akan adanya perhatian khusus dari Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Poso yang tengah berupaya keras melakukan pembangunan di segala sektor serta perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Program Inovasi Pemda Poso Mulai Dari Kampung KB, Renstra Cerdas Hingga Program SI-TANI

“Selaku Kepala Daerah, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementrian Keuangan RI yang telah mengapresiasi kinerja Pemerintah daerah Kabupaten Poso sehingga hal ini pula turut membuktikan di kalangan luar bahwa apa yang telah kami kerjakan selama ini murni dengan hasil usaha kerja keras serta niat tulus kami dalam membangun Tana Poso” ungkap Bupati Darmin. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Kemenkeu RI Provinsi Sulteng, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Samuel Wunda, SE, Kepala KPPN Poso Trimo Yulianto dan seluruh Pejabat di Lingkup Pemda Poso. (GP)

KOMENTAR