Poso, PPID – Desa Ratu’ombu Kecamatan Lage mewakili Kabupaten Poso dalam Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera, Kesatuan Gerak PKK – BBGRM, KKBPK dan Kesehatan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Acara pembukaan penilaian lomba ini digelar di Lapangan Desa Ratu’ombu, Kamis pagi 17 Oktober 2019 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdi Dg. Palabbi, SH, MH, S.Sos.

Dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK dan Kepala Desa Ratu’ombu melaporkan tentang kondisi desa serta beberapa kegiatan pembinaan pemberdayaan perempuan yang selanjutnya akan dievaluasi langsung oleh Tim Penilai dari Provinsi. Dalam keterangan yang diberikan oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Mastura Labalado mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Meninjau Langsung Kegiatan Jumpa Berlian

Program terpadu P2WKSS ini menurut Wagub Rusdi merupakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan dengan menempatkan perempuan sebagai motor penggerak pembangunan. “Dengan adanya lomba ini, diharapkan dapat membantu menekan jumlah kemiskinan dan memperkecil kesenjangan antar wilayah, mengingat P2WKSS ini bertempat di wilayah-wilayah desa/kelurahan yang rawan baik secara sosial maupun ekonomi” tutur Wagub Rusdi.

Hal senada diungkapkan oleh Bupati Darmin yang menyatakan bahwa program ini diharapkan dapat mendorong peningkatan peranan perempuan dengan menggunakan pola pendekatan lintas sector pembangunan secara terkoordinasi demi meningkatkan kualitas keluarga. “Sehingga program ini dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan penyuluhan pengetahuan, keterampilan dasar, kegiatan sosial serta pembangunan fisik lainnya” ucap Bupati Darmin

Baca Juga :  Launching Bina Desa Mandiri

Di akhir acara, Wagub bersama Wakil Ketua TP-PKK Provinsi dan Bupati Poso menyerahkan bantuan berupa sembako kepada 25 keluarga binaan P2WKSS serta Kartu Identitas Anak (KIA) yang merupakan program pemerintah di bidang tertib administrasi kependudukan yang salah satunya berfungsi sebagai syarat pendaftaran sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi & Pembangunan Drs. Moh. Nizam, MH, Tim Penilai dari Provinsi, Pimpinan OPD Kabupaten Poso dan Unsur Muspika Lage.

Kedatangan Wagub untuk pertama kalinya di Kabupaten Poso ini disambut dengan pemasangan siga serta tarian penyambutan adat Poso serta tarian kuda kepang dari masyarakat desa Ratu’ombu yang menggambarkan keberagaman kehidupan warga masyarakat yang mampu hidup rukun. (GP)

KOMENTAR